Curhat Wanita Idap PCOS Haid selama 83 Hari, Hampir Kehabisan Darah

ADVERTISEMENT

Curhat Wanita Idap PCOS Haid selama 83 Hari, Hampir Kehabisan Darah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 18 Jan 2023 07:00 WIB
Asian woman having pain on her stomachache or Pelvic pain. housewife hands squeezing on the stomach while sitting on a sofa in the living room at home as suffering from menstruation cramp.
Curhat wanita alami PCOS (Foto: Getty Images/iStockphoto/ATHVisions)
Jakarta -

Periode menstruasi wanita biasanya berlangsung selama 4-7 hari. Tapi bagaimana jika rentang waktunya lebih lama dan berlangsung berbulan-bulan?

Kondisi tersebut dialami Ronny Maye yang syok karena mensnya bertahan selama 83 hari. Selama tiga bulan lamanya, dia mengalami kram dan nyeri perut yang menyiksa.

Kepada Insider, Maye bercerita didiagnosa sindrom ovarium polikistik atau PCOS pada 2015. Ia juga mengeluhkan mens yang tidak teratur dan sudah berlangsung selama beberapa tahun.

Maye sering mengalami menstruasi yang berat, tapi kali ini yang terparah. Menstruasi adalah pelepasan lapisan rahim setiap bulan, dipicu oleh naik turunnya hormon.

Namun pada penderita PCOS, ketidakseimbangan hormon menyebabkan lapisan rahim menjadi lebih tebal, yang mengakibatkan haid menjadi lebih berat dan lebih lama. Kelebihan estrogen berarti lapisannya lebih tebal dari biasanya, yang berarti ada lebih banyak darah yang harus dikeluarkan.

Saat itu Maye kaget karena darahnya keluar banyak sekali sampai pembalut jenis apa pun tak bisa menampung.

"Jauh di lubuk hati saya tahu ada sesuatu yang tidak beres, katanya. Saya benar-benar ketakutan," kata Maye.

Dia mencari pertolongan medis dua kali dan dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans untuk kedua kalinya dia meminta bantuan karena merasa kehabisan darah.

Selanjutnya: Dokter menganggapnya mengada-ngada

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT