Rabu, 02 Jan 2013 11:30 WIB

Ulasan Khas Resolusi Sehat 2013

Resolusi Sehat Juga Bisa Dibuat Orang Sibuk, Nih Contekannya

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Masing-masing orang memiliki resolusinya sendiri, termasuk resolusi kesehatan. Namun terkadang kesibukan membuatnya tak sempat untuk menjalankan resolusi yang bisa saja dinilai terlalu muluk. Tak perlu khawatir, ada beberapa 'contekan' yang membuat Anda sehat meski tak punya banyak waktu.

Di awal tahun, banyak orang yang menuliskan resolusi sehatnya. Misal, ingin menurunkan berat badan, memperbanyak olahraga, berhenti merokok dan sebagainya. Sayangnya, agar resolusi tak hanya jadi resolusi semata, orang harus meluangkan cukup waktu untuk pergi ke tempat fitnes atau tempat olahraga lainnya.

Nah, bagi orang yang super sibuk, resolusi tersebut terkadang terlalu muluk hingga akhirnya tak pernah dijalankan. Apa solusinya?

Berikut beberapa contekan bagi orang sibuk agar tetap bisa menjalankan resolusi sehatnya hingga akhir tahun, seperti dilansir Blisstree, Rabu (2/1/2013):

1. Makanlah sambil duduk
Ada kecenderungan orang menjadi rakus ketika makan sambil berdiri. Bagi Anda yang ingin lebih sehat dan menurunkan berat badan, mulailah menikmati apapun hidangan Anda sambil duduk.

2. Gunakan piring kecil
Berdasarkan penelitian, makan menggunakan piring yang lebih kecil akan mendorong orang untuk mengambil porsi yang lebih kecil juga. Sebuah trik yang sederhana bukan?

3. Parkir kendaraan lebih jauh
Berjalan kaki merupakan aktifitas sehat, mulailah paksa diri Anda untuk berjalan kaki dengan memarkir kendaraan lebih jauh dari biasanya.

4. Gunakan tangga
Berjanjilah kepada diri sendiri untuk memulai menggunakan tangga karena akan membuat kaki dan paru-paru Anda berlatih.

5. Ganti kopi dengan teh hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat seperti mencegah kanker, diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, stroke, dan demensia (kepikunan).

6. Ikut perlombaan
Mendaftarlah suatu perlombaan. Pernah dengar Jakarta 10 K atau sekadar lomba gerak jalan antar RT ketika perayaan 17 Agustus? Mengikuti suatu perlombaan akan membuat Anda lebih bertanggung jawab dalam melatih tubuh.

7. Berikan pujian pada pasangan setiap hari
Sangat mudah untuk mengkritik pasangan, namun memberikan sebuah pujian akan memperkuat hubungan antara Anda dengan pasangan.

8. Tuangkan perasaan pada buku harian
walaupun namanya buku harian tapi Anda tak perlu menulis sampai berlembar-lembar dan setiap hari. Tulis apa yang ada dalam pikiran Anda, emosi, dan harapan karena akan membantu membuat hati lebih tenang.

9. Jauhi orang-orang bebal
Secara tidak sadar, lingkungan banyak berpengaruh pada kehidupan Anda. Jika Anda banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berpikiran negatif, egois atau tidak baik bagi Anda, maka coba rasakan pikiran dan hati Anda juga akan menjadi cemas, marah dan sebal ketika bersama mereka. Mungkin tahun ini saatnya Anda mengeluarkan mereka dari catatan kehidupan Anda dan carilah orang-orang yang akan membuat Anda lebih hebat, bahagia dan nyaman.

10. Cari teman yang berpikiran positif
Buatlah sebuah komitmen untuk lebih banyak waktu dengan orang yang selalu berpikiran positif, harapan dan emosi Anda pun akan menjadi lebih baik dan lebih optimis dalam menjalani hari-hari.

11. Jauhi gula
Jika ingin sehat, jauhilah gula. Tak perlu benar-benar menghilangkan gula atau makanan cepat saji dari daftar menu Anda, hanya cukup kurangi porsinya. Selain itu, perbanyaklah minum air putih.

12. Melakukan hobi
Mendaftarlah di klub fotografi, menulis atau apapun yang menarik bagi Anda. Di samping menyenangkan, hal itu dapat memaksa Anda untuk belajar sesuatu yang baru.

13. Kurangi membaca berita negatif
Kadang orang kurang menyadari bahwa informasi negatif yang masuk banyak mempengaruhi emosi dan jiwanya, mulai dari pencurian, kekerasan, kondisi politik, dan sebagainya. Sebaiknya kurangi informasi-informasi yang dapat membuat perasaan Anda memburuk.

14. Buatlah hari vegetarian.
Buatlah hari tanpa daging setidaknya sekali seminggu. Bebaskan diri Anda dari produk hewani akan membuat Anda lebih sehat.

15. Tambah waktu membaca buku
Matikan TV lebih awal dan cobalah selesaikan 1 buku atau novel satu bulan sekali. Pikiran Anda akan lebih terbuka terhadap hal sekitar jika Anda lebih banyak waktu untuk membaca, tentunya buku-buku berkualitas,

Inilah beberapa ide sehat bagi Anda yang sibuk. Jadi apa resolusi Anda pada tahun 2013 ini?

(mer/vit)