Rabu, 20 Feb 2013 15:01 WIB

Lika-liku Libido

Inilah Cara Menurunkan Libido Tinggi yang Abnormal

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Topik Hangat Lika-liku Libido
Jakarta -

Beberapa orang terlahir dengan libido atau gairah seks yang berlebihan atau abnormal. Kondisi ini kadang menyusahkan karena tidak setiap waktu orang bebas mengekspresikan apalagi melampiaskan libidonya. Bagaimana cara mengontrolnya?

Sebelum mencari cara untuk mengontrol libido yang berlebihan, terlebih dahulu perlu diketahui batasan libido yang abnormal. Definisi abnormal untuk libido sangat luas, hampir tidak ada standar yang baku karena libido memang tidak mudah diukur.

"Dari berbagai kasus yang saya tangani, kebanyakan pasien yang mengaku libidonya tinggi sampai abnormal itu disebabkan karena pasangannya punya libido rendah, jadi tidak mampu mengimbangi," kata seksolog dari Universitas Udayana, Prof Dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (20/2/2013).

Untuk kasus semacam ini, maka sebenarnya masalah yang harus diatasi bukan pada libido yang berlebih melainkan libido pasangannya yang terlalu rendah. Setelah pasangannya diterapi agar libidonya bangkit kembali, maka masalah teratasi dan pasien tidak merasa libidonya terlalu tinggi lagi.

"Setelah pasangannya yang libidonya rendah diterapi, hasilnya juga normal kembali," tambah Prof Wimpie.

Namun ada juga yang memang memiliki libidonya lebih tinggi bukan hanya dibandingkan pasangannya, melainkan juga rata-rata orang pada umumnya. Kasus semacam ini umumnya termasuk kategori hiperseks. Penyebabnya beragam, namun pada umumnya berhubungan dengan faktor psikologis.

"Kalau hiperseks memang ada. Penderitanya memiliki gairah seks yang berlebihan, tapi itu jarang sekali dan masuk dalam gangguan kejiwaan. Penyebabnya lebih dikarenakan masalah psikis," tambah Prof Wimpie.

Beberapa cara mengontrol libido berlebih yang bisa dilakukan sendiri antara lain dengan menyibukkan diri. Olahraga atau aktif berorganisasi bisa mengurangi kesempatan bagi otak untuk memikirkan hal-hal yang memancing libido untuk bangkit.

Cara tersebut juga bisa mengurangi kesempatan untuk berhubungan dengan hal-hal yang bisa memicu bangkitnya libido, seperti film porno dan sejenisnya. Makin jarang terpapar hal-hal yang bisa membangkitkan libido, tentu akan semakin mudah untuk mengontrolnya.

(up/vit)
Topik Hangat Lika-liku Libido