Rabu, 11 Des 2013 17:07 WIB

Ulasan Khas Kista Ovarium

Benarkah Semua Jenis Kista Bisa Menyebabkan Kematian?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Saat mengetahui bahwa dirinya memiliki kista (tumor yang berisi cairan), biasanya wanita akan khawatir dan ketakutan. Sebab, banyak yang berpikiran bahwa semua jenis kista pasti bisa mematikan. Benarkah demikian?

"Kalau yang ganas dan menjadi kanker memang bisa berujung pada kematian. Tapi kalau yang kista tidak ganas ya nggak," kata dr Irfan Mulyana Mustofa SpOG dari RSUD Leuwiliang, Bogor, saat berbincang dengan detikHealth seperti ditulis pada Rabu (11/12/2013).

Menurut dr Irfan, pada prinsipnya mengangkat kista bukan menyembuhkan penyakit tapi lebih memperbaiki kualitas hidup pasien. Sehingga, beberapa tahun pasca operasi, akan dilihat bagaiamana harapan hidup pasien.

"Kita nggak bilang dengan operasi akan sembuh, tapi kita tingkatkan harapan hidupnya. Kista yang memang bisa menuju ke ganas, jika tidak segera diatasi ya lambat laun makin parah," katanya.

Sementara itu, dr Sita Ayu Arumi SpOG dari RSU Bunda Jakarta mengatakan baik kista yang normal (fungsional), jinak, sampai ganas, memiliki gejala yang tidak spesifik dan baru muncul saat ukurannya sudah besar.

"Kalau pas ketahuannya kistanya udah ganas, stadium lanjut, kan pastinya lebih sulit juga. Makanya perlu lakukan medical check up atau USG. Nggak hanya yang sudah menikah tapi juga gadis-gadis ya," papar dr Sita.

Untuk kasus kista, dr Sita mengaku paling sering menangani kista fungsional (folikuler) yakni kista yang timbul akibat membesarnya sel telur dan tidak pecah tapi bisa hilang dengan sendirinya.

"Meskipun banyak juga kista endometriosis atau kista cokelat yang gejalanya ketika menstruasi perut terasa nyeri dan sakit," pungkas dr Sita.

(up/up)
News Feed