Rabu, 05 Feb 2014 18:30 WIB

Antibiotik untuk Anak

Adakah Antibiotik Alami untuk Mengatasi Pilek pada Anak?

M Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pilek bisa jadi penyakit yang gemar menghampiri anak-anak. Tak heran, jika ada beberapa orang tua yang mencoba mencari pengobatan alami sebagai pengganti antibiotik.

Dikutip dari Dailyhealthpost, bawang merah, kubis, madu, sayuran yang difermentasi, dan kayu manis disebut bisa menjadi antibiotik untuk mengatasi beberapa penyakit, benarkah demikian?

"Bawang merah, madu, dan kubis itu bukan antibiotik, saya bukannya anti obat tradisional. Namun, selama efek tradisional itu punya efek bagus, nggak masalah. Tapi sebaiknya diilmiahkan," tutur dr Aditya Suryansyah, Sp.A saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada rabu (5/2/2014).

Dokter yang akrab disapa dr Adit ini mencontohkan temulawak yang bisa membuat tubuh segar dan sehat namun hanya berupa ekstraknya saja. Sehingga, ia memperingatkan jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

"Tidak masalah menggunakan obat tradisional asalkan benar," kata dokter yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat ini

Sementara itu, penulis buku 'Orangtua Cermat Anak Sehat', dr Arifianto, Sp.A mengatakan bahwa semua obat yang ada di pasaran harus melalui tahap uji klinis di mana obat tersebut diuji kepada orang yang sakit.

Saat obat tersebut terbukti memberikan khasiat, baru boleh dipasarkan. Menurut pria yang akrab disapa dr Apin ini, obat-obatan yang dikatakan antibiotik alami dipertanyakan keilmiahannya. Sehingga, predikat obat alami lebih merujuk pada testimoni dan pernyataan saja.

"Hampir semuanya belum memenuhi uji klinis sehingga dibilang obat saja belum, apalagi antibiotik," tandas dr Apin.



(up/vit)