ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Mei 2014 08:01 WIB

Ulasan Khas Ukuran Payudara

Payudara Besar Adakah Pengaruh Bagi Kesehatan?

M Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Selama ini ukuran payudara selalu menjadi tolok ukur daya tarik wanita. Wanita berpayudara besar dikatakan lebih menarik bagi laki-laki karena dinilai lebih seksi. Namun tentunya wanita berpayudara besar juga mempunyai risiko kesehatan tersendiri.

Dikatakan bahwa wanita dengan payudara besar lebih sering mengalami sakit punggung atau leher, benarkah itu? dr Elida Sari Siburian, SpBP dari RS Fatmawati mengatakan bahwa memang belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut.

"Sebenarnya pengaruh kesehatan langsung saya belum tahu ya. Belum ada penelitiannya. Tapi memang dikatakan bahwa wanita yang berpayudara besar lebih rentan sakit punggung," tutur dr Elida ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (21/5/2014).

Hal itu terjadi karena menurut dr Elida, beban yang ditanggung oleh punggung menjadi lebih berat. Sehingga wajar jika punggung kadang terasa nyeri atau pegal.

Dihubungi terpisah, dr Aditya Wardhana SpBP dari Divisi Bedah Plastik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RS Cipto Mangunkusumo mengatakan bahwa untuk orang yang lahir dengan dengan kondisi payudara yang besar, nyeri atau pegal tersebut sebenarnya jarang terasa.

Namun pengecualian datang jika memang payudara tersebut memiliki kelainan hormonal, sehingga pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan lebih besar daripada seharusnya.

"Kecuali kalau memang ada kelainan misalnya perempuan umur 14 tahun tapi pertumbuhan payudaranya melebihi normal, akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari. kalau seperti itu ya memang bisa sakit punggung," ungkapnya.

Nah pembaca ingin tahu lebih jauh tentang ukuran payudara dan pengaruhnya bagi wanita? Simak ulasannya di detikHealth.

(vta/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT