ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Mei 2014 10:04 WIB

Ulasan Khas Ukuran Payudara

Ukuran Payudara Membesar Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?

M Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta -

Sebagian orang meyakini ukuran payudara seorang perempuan akan membesar dengan sendirinya setelah menikah. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, tetapi jangan buru-buru menikah kalau tujuannya hanya untuk membesarkan payudara.

Spesialis bedah plastik dari RS Pondok Indah Jakarta, dr Elida Sari Siburian, SpBP mengatakan bahwa membesarnya payudara pada perempuan yang sudah menikah terjadi karena ada kelenjar susu yang juga membesar. Artinya, perempuan tersebut sudah siap menyusui.

"Biasanya gini. Memang pada perempuan yang hamil dan menyusui, payudara membesar karena kelenjar susunya membesar juga. Karena ada ASI-nya," jelas dr Elida saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (21/5/2014).

Oleh karenanya, payudara seorang perempuan tidak serta merta membesar setelah menikah. Ia harus hamil dan memproduksi ASI dulu untuk membuat ukuran payudaranya membesar. Anggapan bahwa sering dipegang suami bisa membuat payudara membesar pun tak lebih dari sekedar mitos.

"Kalo setelah menikah namun belum punya anak rasanya kurang berpengaruh ya," tambah dr Elida.

Untuk membuat payudara tampak lebih besar, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Beberapa gerakan olahraga seperti chest press dan push up bisa mengencangkan otot-otot payudara sehingga tampak lebih besar. Begitu pula dengan bra yang tepat, ukuran payudara juga akan tampak lebih penuh.

Sedangkan untuk mendapatkan efek permanen, maka bisa operasi menjadi salah satu pilihan. Caranya bisa dengan transfer lemak, bisa pula dengan pemasangan implan silikon atau sejenisnya. Tapi ingat, yang paling penting bukan ukuran melainkan fungsinya sebagai penghasil ASI.

(up/vta)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT