ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Mei 2014 12:04 WIB

Ulasan Khas Ukuran Payudara

Seperti Apakah Ukuran Ideal Payudara? Ini Kata Dokter

M Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Payudara kerap dianggap sebagai organ tubuh wanita yang paling menarik. Tak heran banyak wanita yang berusaha untuk membuatnya tampak ideal. Seperti apa sebenarnya payudara ideal menurut dokter?

"Kalau ukuran pasti sih nggak ada. Semuanya tergantung persepsi. Tapi memang harus dilihat titik-titik anatomisnya," pungkas dr Aditya Wardhana, dari divisi bedah plastik RSCM, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (21/5/2014).

Serupa dengan dr Aditya, saat dihubungi terpisah dr Elida Sari Siburian, SpBP, mengungkapkan bahwa patokan ideal sebenarnya berbeda-beda tiap orang dan tak bisa disamaratakan.

"Kriteria beauty itu berbeda-beda. Dulu zaman renaissance kan yang dicari wanita gemuk karena dianggap sehat dan dapat melahirkan dengan baik. Sekarang beda, dicarinya yang kurus-kurus," papar dokter spesialis bedah RSUP Fatmawati tersebut.

Ia menegaskan bahwa tidak ada standar ukuran ideal payudara, yang penting proporsional. "Sebaiknya proporsional saja, nggak ada patokan berat payudara harus sekian gram jika tinggi badannya sekian atau berat badannya sekian," tegasnya.

Faktanya, ukuran payudara biasanya adalah sekitar 250-350 cc. Namun normal atau tidaknya tetap bergantung pada proporsi tubuh wanita masing-masing dan angka tersebut tak harus selalu dijadikan tolak ukur.

Besar kecilnya payudara wanita sebenarnya dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya faktor keturunan, usia, fase menstruasi, kehamilan, diet, olahraga dan penurunan atau kenaikan berat badan.

(ajg/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT