Rabu, 08 Okt 2014 13:03 WIB

Serba-serbi si Karet KB

Selain Tanggal Kedaluwarsa, Perhatikan Dulu Hal Ini Sebelum Pakai Kondom

Ghea Rianti Purnamasari - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Seperti produk lainnya, kondom juga memiliki masa kedaluwarsa yang memengaruhi kualitasnya. Biasanya, tanggal tersebut tertera di kemasan kondom. Selain itu, ada pula yang harus Anda perhatikan sebelum memakai kondom.

Seperti penuturan seksolog dr Andri Wanananda MS, selain memperhatikan tanggal kedaluwarsa, jangan lupa untuk mengecek ada atau tidaknya izin dari pemerintah dan Kementerian Kesehatan.

"Selain lihat tanggal kedaluwarsa dari keterangan di paket lihat juga izin dari Kemenkes dan BPOM yang tertera di kemasan kondom," tegas dr Andri saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (8/10/2014).

Bukan tanpa alasan, dr Andri menekankan, hal tersebut penting dilakukan karena saat ini tak sedikit kondom yang dijual di toko obat pinggir-pinggir jalan dengan berbagai bentuk misalnya bergerigi.

Nah, kondom yang seperti itu apalagi dijual di tempat yang tidak memiliki izin patut dihindari, tak menutup kemungkinan, kondom tersebut berasal dari luar negeri dan merupakan barang 'gelap'.

"Jadi sebaiknya hati-hati. Lebih aman pilih saja kondom yang sudah jelas izin Kemenkesnya," imbuh pria yang juga mengajar di Universitas Tarumanegara ini.

Kondom yang sudah melewati masa kedaluwarsa akan mudah rusak. Sehingga, fungsinya pun tidak efektif, demikian diutarakan Larissa Hirsch, MD dari kidshealth.org.

"Selain tidak efektif lagi mencegah kehamilan atau penularan penyakit, pastinya kondom kedaluwarsa bisa menimbulkan masalah pada organ vital Anda misalnya alergi atau iritasi," kata Hirsch.

(rdn/vit)