Rabu, 22 Okt 2014 11:10 WIB

Cara Sehat Tambah Berat Badan

Faktor-faktor yang Bikin Orang Gampang Gemuk

Hendika Sakti Pratama - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Semua orang pasti ingin memiliki berat badan ideal. Mesi kenyataannya, terkadang ada beberapa orang yang banyak makan tetapi tak kunjung gemuk. Atau sebaliknya sudah mengurangi makan tetapi tak kurus-kurus.

Menanggapi hal pakar ilmu gizi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, dr A.R Inge Permadhi, MS, SpGK menuturkan pada dasarnya metabolisme tiap orang berbeda-beda, ada yang rendah dan ada juga yang tinggi.

"Mudah gemuknya seseorang bisa juga karena faktor genetik atau karena orang tuanya gemuk," tutur dr Inge dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (22/10/2014).

Selain faktor genetik, dikatakan dr Inge mudah gemuknya seseorang bisa juga karena faktor sosial misalnya peningkatan lifestyle. Akibatnya, yang bersangkutan cenderung makan dalam jumlah banyak dengan waktu makan tidak teratur.

"Bisa juga karena dia orangnya cenderung 'lapar mata' jadi apa aja dimakan gitu, bisa juga karena pengaruh obat-obatan tertentu yang berhubungan dengan hormonal, atau juga karena penyakit," imbuh dr Inge.

Dihubungi terpisah, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) menuturkan faktor risiko orang mudah menggemuk adalah minimalnya aktifitas fisik, di mana yang bersangkutan malas bergerak aktif sementara banyak mengonsumsi makanan dengan densitas energi tinggi.

"Makanan densitas energi tinggi yaitu yang mengandung gula, karbohidrat lain dan lemak. Ditambah lagi sangat sedikit makan makana berserat seperti sayur, buah, kacang dan biji-bijian," kata pria yang juga menjadi Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia ini.

Prof Hardinsyah menambahkan, mudah gemuknya seseorang juga bisa dikarenakan adanya penyakit yang melambankan metabolisme misalnya hipotiroid.

(rdn/vit)