Rabu, 22 Okt 2014 15:05 WIB

Cara Sehat Tambah Berat Badan

Gemukkan Badan dengan Makan Gorengan? Hentikan, Itu Tidak Sehat

Hendika Sakti Pratama - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Sering ngemil gorengan memang diketahui dapat membuat tubuh gemuk. Namun bagi orang yang sedang melakukan program penambahan berat badan karena terlalu kurus, makan gorengan bukanlah solusi yang dianjurkan oleh dokter. Mengapa?

Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Ahli Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia di Institut Pertanian Bogor mengatakan bahwa sering ngemil gorengan dan minum minuman manis memang dapat membuat tubuh gemuk. Namun gemuk tersebut memiliki pengertian kondisi tubuh yang tidak sehat alias penambahan berat badan yang terjadi akibat menumpuknya lemak, bukan otot.

"Gemuk itu tidak baik. Saya tidak setuju jika istilahnya disebut menggemukkan. Lebih tepat istilahnya disebut sebagai menambah berat badan atau menambah otot tubuh," tutur Prof Hardinsyah ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (22/10/2014).

Nah karena itulah makanan yang dapat menggemukkan badan merupakan makanan yang tidak sehat. Gorengan, minuman berpemanis buatan dan alkohol diketahui dapat membuat tubuh gemuk namun tidak dalam kondisi sehat.

"Sementara itu, makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menambah otot adalah protein, terutama daging merah, ikan, telur, susu, tempe dan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan dan biji-bijian," sambungnya profesor yang juga Ketua Pergizi Pangan Indonesia tersebut.

Senada dengan prof Hardinsyah, praktisi hidup sehat dr Phaidon L Toruan, MM juga mengatakan bahwa penambahan berat badan yang terjadi akibat makan makanan yang digoreng tentunya tidak sehat. Sebabnya, makanan yang digoreng mengandung banyak kolesterol jahat yang tentunya tidak baik untuk tubuh.

Ia pun menegaskan aktivitas dan olahraga fisik juga harus dilakukan ketika proses menambah berat badan. Sebab penambahan berat badan yang dilakukan tanpa olahraga tetap saja tidak akan membuat tubuh sehat.

"Kalau mau sehat konsumsi buah, sayur, dan menerapkan pola hidup sehat. Jangan lupa ngegym kalau saya lebih konsen harus olah raga karena kalau nggak oleh raga gemuk pun nggak akan sehat," jelasnya.

(mrs/vit)