Rabu, 01 Apr 2015 13:06 WIB

Pakaian Dalam Sehat

Pakai Celana Dalam Berbahan Katun, Sudah Pasti Aman?

Firli Alvianita Isnaeni - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Celana dalam berbahan katun dikatakan beberapa pakar sangat baik untuk daerah selangkangan. Bahan katun mempunyai tekstur yang lunak sehingga kulit dapat bernapas dan risiko infeksi jamur pun berkurang.

Hanya saja ada pendapat yang mengatakan bahwa celana dalam berbahan katun terlalu mudah menyerap keringat. Akibatnya, celana dalam menjadi lebih gampang basah dan lembab, sehingga malah meningkatkan risiko infeksi jamur.

Terkait hal ini, dr Abraham Arimuko, SpKK dari RSPAD Gatot Subroto mengatakan bahwa celana dalam katun memang mempunyai tekstur yang lebih lunak, sehingga kulit bisa bernapas. Ia menolak anggapan yang mengatakan bahwa celana dalam berbahan katun malah akan membuat selangkangan menjadi lembab.

Baca juga: Cek Pakaian Dalam Anda, Menyehatkan atau Malah Bikin Sakit?
https://health.detik.com/read/2015/04/01/080309/2875376/775/cek-pakaian-dalam-anda-menyehatkan-atau-malah-bikin-sakit?l992205755

"Kalau katun jadi nggak lembab karena bahannya sendiri bolong-bolong, jadi bisa ada sirkulasi. Dan kalau katun juga mengurangi kelembaban, jadi lebih kering," tuturnya ketika dihubungi detikHealth, dan ditulis Rabu (1/4/2015).

Lalu apakah itu berarti celana dalam berbahan katun aman dan sehat untuk digunakan? Menjawab pertanyaan ini, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Center Denpasar, mengatakan bahwa dirinya kurang paham soal bahan apa yang baik untuk celana dalam.

Menurutnya, bahan yang baik untuk celana dalam itu tidak boleh menyebabkan lembab dan harus mudah menyerap keringat. Hal ini sangat penting untuk diketahui bagi orang dengan aktivitas yang sering menimbulkan keringat. Sebabnya, bagian lipatan paha merupakan bagian yang lebih sering lembab. Risiko infeksi jamur juga lebih tinggi di bagian tersebut.

"Kalau soal bahan, saya sendiri kurang tahu, ya. Tapi intinya bahan yang baik untuk celana dalam itu bahan yang tidak menimbulkan panas dan lembab dan mudah menyerap keringat," ungkapnya ketika dihubungi terpisah.

"Aktivitasnya juga dilihat, karena kan bagian lipatan paha itu bagian yang lebih lembab, jadi jangan panas dan harus kering," pungkasnya.

Baca juga: Terlalu Lama Pakai Pakaian Dalam Ketat Demi Tubuh Langsing, Ini Bahayanya
https://health.detik.com/read/2015/04/01/110322/2875626/775/terlalu-lama-pakai-pakaian-dalam-ketat-demi-tubuh-langsing-ini-bahayanya?l991101755 (mrs/vit)