Rabu, 01 Apr 2015 20:01 WIB

Pakaian Dalam Sehat

Agar Tak Terinfeksi Jamur, Segera Ganti Pakaian Usai Olahraga

Firli Isnaeni - detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ketika melakukan kegiatan harian termasuk olahraga, baik pria atau wanita umumnya tetap menggunakan pakaian dalam. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar jamur tidak timbul akibat keringat yang menumpuk.

Diutarakan dr I Gusti Nyoman Darmaputra, seharusnya setelah selesai berolahraga, pakaian yang digunakan dan notabene penuh dengan keringat langsung diganti atau mandi. Tujuannya, agar tubuh tidak lembab.

Baca juga: Langsung Mandi Setelah Berkeringat Bisa Timbulkan Panu, Mitos atau Fakta?

"Kan ada orang yang sehabis olahraga atau futsal biasanya tidak langsung ganti baju tapi ngobrol-ngobrol dulu, itu badan bisa jadi tambah lembab dan bisa jadi infeksi jamur," kata dr Nyoman saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (1/4/2015).

dr Nyoman menambahkan, jika kebiasaan tidak langsung mengganti pakaian usai olahraga bisa membuat infeksi jamur kambuh. Meskipun, sebelumnya orang yang bersangkutan kulitnya sudah sembuh dari infeksi jamur.

"Pokoknya kalau dia nggak mengubah kebiasaan ya jamurnya nanti timbul lagi," lanjut dokter yang praktik di D&I Skin Center, Denpasar, Bali, ini.

Khusus bagi wanita, dr Nyoman sangat menganjurkan untuk tetap menggunakan bra saat berolahraga. Sebab, dikatakan dr Nyoman fungsi bra sama seperti fungsi celana dalam untuk pria, yakni menyokong payudara.

Baca Juga: Tidak Ganti Baju Saat Berkeringat Bikin Masuk Angin? Ini Kata Dokter

Sementara itu, dr Abraham Arimuko SpKK dari RSPAD Gatot Subroto menuturkan saat berolahraga, agar lebih nyaman meski berkeringat, gunakan celana dalam berbahan katun. "Fungsi katun sendiri kan untuk menyerap keringat," ujar dr Abraham.

(rdn/vta)