Rabu, 03 Jun 2015 17:07 WIB

Ulasan Khas Hamil Muda

Selama Tak Ada Penyakit, Tubuh Bengkak Saat Hamil Wajar

Nita Sari - detikHealth
Illustrasi: Thinkstock
Topik Hangat Ulasan Khas Hamil Muda
Jakarta - Selain perut yang besar karena pertumbuhan janin, anggota tubuh lain wanita yang hamil juga bisa ikut membengkak. Hal ini dikatakan dokter bisa dianggap normal dan tak berbahaya apabila tak ada penyakit yang menyertai.

Ahli kandungan dari RSAB Harapan Kita dr Gde Suardana, SpOG, mengatakan bagian kaki dan tangan adalah tempat di mana seorang wanita hamil umumnya mengalami pembengkakan. Tapi pada kasus ekstrem bahkan wajah juga bisa ikut bengkak.

"Itu karena pembuluh darah balik di ujung tangan dan kakinya menyebabkan pembengkakan, bahkan bisa ada pembengkakan di wajah kalau berat. Namun sebenarnya, pada ibu hamil muda pembengkakan belum terjadi, hanya sedikit kejadiannya," kata dr Gde ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (3/6/2015).

"Pembengkakan masih nomal dalam kehamilan. Berbahaya kalau mengalami pembengkakan dan ibu memiliki penyakit disebabkan oleh faktor medis lain," tambah dr Gde.

Baca juga: Waspadai Flek, Tanda-tanda Risiko Keguguran Bagi Ibu yang Hamil Muda

Gangguan metabolik, anemia, dan kadar protein rendah adalah contoh dari kondisi yang harus diwaspadai. Apabila bengkak disertai hal-hal tersebut maka ada risiko serius karena efeknya bisa ke ginjal dan jantung.

Oleh karena itu agar tahu apakah gejala hamil yang dialami oleh seseorang merupakan sesuatu yang wajar atau tidak dr Gde menekankan pentingnya pemeriksaan berkala ibu hamil. Lewat pemeriksaan bermacam-macam perubahan dapat diketahui dengan cepat dan tindakan pun bisa diberikan sebelum muncul masalah.

"Kata kuncinya adalah pemeriksaan kehamilan secara berkala, rutin, dan berkualitas," pungkas dr Gde.

Baca juga: Pentingnya Cek Kesehatan Ibu Hamil Muda untuk Hindari Penyakit Kandungan

(fds/up)
Topik Hangat Ulasan Khas Hamil Muda