Rabu, 03 Jun 2015 18:39 WIB

Ulasan Khas Hamil Muda

Pengaruh Hormon, Wanita Rentan Alami Gangguan Emosi Saat Hamil Muda

Nita Sari - detikHealth
Topik Hangat Ulasan Khas Hamil Muda
Jakarta - Mual dan muntah terutama di pagi hari kerap kali dikeluhkan para ibu yang tengah hamil muda. Meskipun, sebenarnya karena perubahan hormon para ibu juga rentan mengalami gangguan emosi lho.

Pengaruh hormonal sangat memengaruhi kondisi fisik dan emosi ibu hamil. Nah, perubahan emosi yang dialami ibu cenderung kepada kebutuhan akan kasih sayang yang lebih, cemburu yang melibatan emosi, dan membutuhkan perhatian karena memang emosinya sedang labil, demikian diutarakan dr Gde Suardana SpOG.

Gangguan emosi berat yang dialami ibu hamil kemudian berujung frustasi dikayakan dr Gde sebenarnya lebih mengarah kepada keinginan atau keputusan ibu yang ingin menghentikan kehamilan. Kendatipun, dalam kondisi hamil muda jarang sekali para ibu yang memiliki pemikiran seperti itu. Sebab, dikatakan dr Gde kebanyakan ibu hamil muda itu bersuka ria karena mendapatkan anugerah dan mereka menyikapinya dengan cara positif.

Baca juga: Ini yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Hamil Stres

"Jarang didengar kasusnya. Kalaupun ada itu adalah kasus aksidental atau khusus, contohnya ibu hamil muda dari pernikahan yang tidak diinginkan, hamil tanpa 'ayah' atau hamil di luar nikah, yang menyebabkan reaksi emosional bisa menjadi berat karena ada masalah-masalah itu," kata dr Gde saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (3/6/2015).

Lebih lanjut, dokter yang praktik di RSAB Harapan Kita ini mengatakan gangguan emosi pada ibu pasti berpengaruh terhadap janinnya karen pada dasarnya, pertumbuhan anak dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh kondisi sang ibu. Sehingga, ibu harus menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan pikiran. Jika sang ibu sehat, pertumbuhan janin pun otomatis sehat. Bukan tidak mungkin kalau ibunya senang, anaknya kelak menjadi anak yang ceria karena menurut dr Gde pembentukan karakter manusia bermula dari kehamilan.

Bagi ibu hamil yang mudah terganggu emosinya, dr Gde menyarankan baiknya sadari bahwa ibu sedang menjalankan amanah untuk membesarkan janin. Sehingga, akan lebih baik jika ibu berusaha menenangkan diri, tetap melakukan aktivitas keseharian, dan jangan meninggalkan ibadah untuk mendapatkan ketenangan.

"Selain itu, kita tidak bisa menyalahkan ibu hamil muda terhadap kondisi-kondisi yang menganggu emosinya. Harus ada peran orang terdekat terutama suami untuk bisa menjaga kesehatan emosi istri yang mengandung. Bayangkan jika ibu hamil, harus menanggung bebannya, mual, terus suaminya tidak ada dan sering keluar, tidak diperhatikan, tentu ibu hamil tersebut makin emosi. Jadi harus ada peran dan perhatian dari orang terdekat seperti suami, ibunya, dan orang di sekitarnya," papar dr Gde.

Baca juga: Daftar Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Akibat Stres Saat Hamil



(up/up)
Topik Hangat Ulasan Khas Hamil Muda