Rabu, 15 Jul 2015 14:05 WIB

Fit Saat Idul Fitri

Ini Batasan Makan Kue Kering Lebaran Agar Badan Tidak Melar

Sapta Agung Pratama - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing dan lainnya menjadi jajaran kue kering yang biasa disajikan saat Lebaran. Enak memang, tapi jangan sampai kelewat batas makannya. Risikonya badan bisa melar.

"Kalori yang terkandung dalam satu kue kering bisa sampai 50 kalori. Batas maksimal konsumsi kue kering cukup 3 sampai 4 saja," jelas dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, dari RS Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/7/2015).

Hal senada disampaikan dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, ahli gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). "Yang punya kolesterol tinggi, makannya cukup satu atau dua saja, karena kue kering itu mengandung kolesterol yang tinggi," sarannya.

Baca juga: Tak Mau Sakit karena Kebanyakan Makan Saat Lebaran? Begini Triknya

Selain kue kering, makanan bersantan yang punya kandungan lemak tinggi juga kerap dihidangkan. Hati-hati juga mengonsumsinya jika tidak ingin kadar kolesterol naik.

Menurut dr Titi, berat badan bisa meningkat karena makanan berlemak paling sulit dicerna. Efek jangka pendek dari konsumsi makanan berlemak adalah perut kembung.

"Apalagi kalau punya hipertensi darah tinggi atau sakit jantung bisa langsung pusing-pusing karena terlalu banyak makan makanan bersantan dan yang manis," kata dr Titi mengingatkan.

Maka itu, menyiasatinya adalah dengan cara makan sayur dan buah-buahan sebelum makan besar di hari-hari setelah Lebaran. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup, serta berolahraga.

Saat Lebaran kerap kali disajikan juga minuman kemasan berpemanis yang kadar gulanya tinggi. Minum seteguk-dua teguk tidak apa-apa. Nah, untuk menetralisir minumlah air putih yang cukup atau jus buah murni.

Baca juga: Penyebab Kaki Bengkak Usai Mudik Jarak Jauh

(vit/ajg)