Rabu, 19 Agu 2015 15:47 WIB

Kaki Gelisah Bikin Resah

'Berpikir Sambil Gerak-gerakkan Kaki Itu Rasanya Bikin Lebih Fokus'

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Mungkin Anda adalah salah satu orang yang gemar menggoyang-goyangkan kaki saat sedang duduk. Pernahkah mencoba bertanya pada diri sendiri mengapa Anda gemar menggerak-gerakkan kaki?

Happy, salah seorang karyawati di bilangan Jakarta Selatan, punya kebiasaan menggerak-gerakkan kaki dengan bertumpu pada ujung kaki saat sedang serius berpikir. Dia tidak ingat kapan kebiasaan ini mulai dialaminya.

"Berpikir sambil gerak-gerakin kaki itu kayak lebih enak aja, lebih mudah berpikir, rasanya bikin lebih fokus," kata Happy kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (19/8/2015).

Baca juga: Perhatikan, Orang-orang Ini Rentan Mengalami Sindrom Kaki Gelisah

Menurutnya saat berpikir dan kaki hanya diam, rasanya hampa. Dengan adanya aktivitas anggota tubuh yang lain, Happy tersugesti untuk bisa lebih fokus. Mungkin sama dengan orang lain yang punya kebiasaan menggigiti ujung pulpen atau justru memutar-mutar pulpen dengan salah satu tangannya saat sedang berpikir.

Beberapa orang lainnya mungkin menggigit-gigit bibir bawahnya saat sedang berpikir keras. Sedangkan beberapa lainnya menaruh tangan di mulut sebagai tanda sedang berpikir. Tanpa disadari memang ada aktivitas tertentu yang diyakini individu yang bersangkutan bisa menjadikannya lebih fokus.

Ari, pembaca detikHealth lainnya, mengaku sering menyilangkan kaki saat duduk dan lalu menggoyangkannya saat sedang menunggu sesuatu. Misalnya saja pada saat menunggu kereta api di stasiun, sementara tangannya sibuk dengan handphone.

"Merasa nyaman, karena tidak merasa sepi. Sering juga kalau mau tidur menggesek-gesekkan kaki dulu ke kasur, ini sebenarnya kebiasaan dari dulu. Tapi untungnya nggak ada yang terganggu," imbuh ibu satu putra ini.

Baca juga: Pakai Kaus Kaki Ketat Bisa Jadi Cara Alami Usir Sindrom Kaki Gelisah?

Kaki yang gelisah dan ingin selalu digerak-gerakkan bisa jadi pertanda sindrom kaki gelisah atau restless legs syndrome (RLS). Meskipun memang derajat keparahan satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda. Menurut dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, dari RS Medistra Jakarta, kebiasaan menggerak-gerakkan kaki belum tentu karena RLS. Jika yang bersangkutan diminta diam dan merespons dengan menghentikan gerakan kakinya maka itu bukan RLS.

Namun menurut dr Roslan Yusni Al Imam Hasan, SpBS dari RS Bethsaida Tangerang, menggerakkan atau menggoyangkan kaki saat duduk patut diduga itu merupakan gejala sindrom kaki gelisah. Sebab yang bersangkutan merasa nyaman, hanya saja bisa jadi masih dalam tingkat ringan. Apapun itu, jika sudah mulai mengganggu diri dan orang lain, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan jalan keluarnya. (vit/vit)
News Feed