Rabu, 26 Agu 2015 10:03 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Kutu Air Mudah Menyebar, Jaga Kebersihan Pakaian Agar Tak Tertular

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: utroja0/Pixabay
Jakarta - Spora jamur Candida yang menjadi penyebab masalah kutu air sangat mudah menyebar. Oleh karena itu orang-orang disarankan selalu menjaga kebersihan pakaiannya.

Karena bentuknya yang kecil, spora jamur sangat mudah terbawa angin dan menempel pada permukaan kulit atau pakaian. Bila spora menempel di kulit lalu kondisinya lembap maka ia bisa dengan tumbuh subur menimbulkan gejala.

dr Sari Chairunnisa, SpKK, dari Bamed Skin Care mengatakan inilah alasan mengapa tidak dianjurkan saling bertukar barang-barang pribadi seperti handuk, kaus kaki, baju, dan celana. Bila seseorang tak sengaja bertukar dengan orang yang terinfeksi jamur maka besar kemungkinan ia juga akan terkena.

Baca juga: Disenangi Jamur, Kaki Lembap dan Jari Dempet Berisiko Kutu Air

"Penularan dapat terjadi bila kontak kulit ke kulit atau kulit ke kain karena spora jamur masih menempel pada kain. Hindari bertukar-tukar pakaian atau kaos kaki dengan penderita," kata dr Sari ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/8/2015).

Cara agar spora tak mudah menempel pada pakaian bisa dengan rutin mencucinya. Pada beberapa benda yang sepertinya sulit untuk dicuci setiap hari seperti sepatu atau handuk maka bisa dijemur agar tak lembab.

"Taruh di tempat yang kering terus kemudian ada anginnya yang banyak supaya kering," kata spesialis kulit dari D&I Skin Centre Bali, dr Laksmi Duarsa, SpKK.

Menurut dr Laksmi, jika seseorang punya kutu air dan sedang dalam pengobatan maka ia perlu ekstra menjaga kebersihannya. Orang sekitar pengidap juga bisa rutin mencuci kaki lalu langsung mengeringkannya dengan lap.

"Cukup kaki dibersihkan dengan sabun aja sudah cukup. Untuk penderitanya bersihkan dan keringkan," pungkas dr Laksmi.

Baca juga: Jangan Abaikan Kesehatan Kaki! Meski Sering Tertutup, Tetap Harus Dirawat (fds/up)