Rabu, 06 Jan 2016 11:15 WIB

Serba-serbi Hamil Tua

Sering Dengar Janin Muda Lagi di Usia Kehamilan 8 Bulan? Itu Mitos!

Martha HD - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua
Jakarta - Saat hamil, biasanya banyak dengar 'katanya-katanya' yang tak masuk akal. Misalnya janin yang kembali muda di kehamilan 8 bulan. Sehingga katanya lebih baik melahirkan prematur di usia kehamilan 7 bulan, ketimbang 8 bulan.

"Nggak ada hubungannya. Semakin bertambah (usia kehamilan), janin semakin besar bukannya semakin muda. Kalau aman persalinan, kehamilan sudah memasuki usia 37 minggu," kata dr Alfiben, SpOG dari RS Permata Depok mengomentari pendapat itu.

Baca juga: Ini Sebabnya Nyeri Vagina Sering Terasa di Kehamilan Trimester Ketiga 

Hal senada disampaikan dr M. Nurhadi Rahman, SpOG yang akrab disapa dr Adi dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Menurutnya, untuk bayi prematur, usia kehamilan yang semakin tua tentu jauh lebih baik.

"Mitos itu nggak benar karena memiliki risiko pada paru-paru bayi yang belum berfungsi dengan baik," ujar pemilik akun Twitter @adirahmanog ini.

Dijelaskan dr Adi, di usia kehamilan 7 hingga 8 bulan biasanya berat janin antara 1,5 -2 kg. Karena itu jika ibu melahirkan di usia kehamilan yang belum cukup bulan maka bayi akan prematur sehingga harus dibantu secara medis. "Karena bayi yang prematur memiliki tubuh yang tidak tahan dingin," ucapnya.

"Lalu 7-8 bulan posisi belum pas, seharusnya janin masih suka posisinya berputar-putar karena air ketuban masih banyak," imbuh dr Adi.

Baca juga: Kehamilan Makin Besar, Apa yang Harus Diperhatikan Saat Bercinta? (vit/up)
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua