Rabu, 06 Apr 2016 13:02 WIB

Cerdas Memberi MPASI

Infografis: Tekstur dan Porsi MPASI

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Jumlah porsi Makanan Pendamping ASI (MPASI) penting diperhatikan oleh ibu. Pemberian MPASI pertama kali pun harus dilakukan secara bertahap, tidak mesti satu porsi langsung habis dalam satu kali makan.

"Kalau anak usia 6 bulan, kasih makan dua kali, satu kali bubur, satu kali buah. Usia 7-9 bulan makannya sudah tiga kali, makan bubur dua kali dan buah satu kali. Di atas 9 bulan anak sudah punya jadwal makan tiga kali dengan porsi yang ditambah," tutur dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA atau akrab disapa dr Tiwi.

Dalam perbincangan dengan detikHealth, dr Tiwi menyarankan baiknya di atas jam 7 malam, kegiatan makan anak sudah selesai. Sebab, kegiatan makan, main, dan tidur menurut dr Tiwi amat berhubungan. Untuk tekstur pun berubah tapi jika terlalu kasar dan bayi tidak bisa mengunyah, maka tingkat kekasarannya bisa dikurangi.

"Semakin bayi bisa ngunyah makin keren. Kalau bayi nggak bisa ngunyah, belajar pakai finger food dulu kan itu dia isap-isap dulu itu. Boleh saja. Memang, paling susah bagi anak untuk ngunyah di umur 6 dan 8-9 bulan karena itu masa transisi dari ASI menjadi bubur yang disaring, kemudian dari bubur saring jadi nasi tim atau nasi lembek. Tapi kalau dilatih terus, ibu telaten, bisa kok," kata dr Tiwi.

Infografis/Mindra Purnomo


(rdn/up)