Rabu, 06 Apr 2016 14:02 WIB

Cerdas Memberi MPASI

Untuk Bayi 7 Bulan Mana Porsi MPASI yang Ditambah, Bubur atau Buah?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Topik Hangat Cerdas Memberi MPASI
Jakarta - Memasuki usia 7 bulan, Makanan Pendamping ASI (MPASI) sudah diberikan menjadi tiga kali. Lantas, porsi MPASI mana yang sebaiknya dilebihkan, buah atau bubur?

Dikatakan dr I Gusti Nyoman Ayu Partiwi SpA dari RS Bunda Jakarta, jika berat badan anak masih kurang, porsi MPASI yang ditambah menjadi dua kali bukan porsi buah, tetapi bubur. Meskipun pada praktiknya, seringkali orang tua menaikkan porsi buah sebagai MPASI.

"Memang, anak perlu makan buah tapi makan lengkap itu lebih perlu dan semua makanan itu perlu. Apalagi pada bayi ASI saat dapat ASI eksklusif dia gemuk, setelah MPASI justru kurus karena yang sering dinaikkan prosinya adalah buah padahal buah nggak bikin gemuk," kata wanita yang akrab disapa dr Tiwi ini saat berbincang dengan detikHealth.

Baca juga: Infografis: Tekstur dan Porsi MPASI

Dokter yang sehari-harinya praktik di RS Bunda Jakarta ini menambahkan bahwa anak memerlukan mikronutrien. Sehingga, perlu menaikkan porsi buburnya terlebih dulu. Tapi, jika berat badan anak sudah sesuai grafik pertumbuhan, menurut dr Tiwi silakan saja orang tua menambahkan porsi buah pada MPASI anak.

Saat membuatkan bubur untuk si kecil, dr Tiwi mengingatkan boleh-boleh saja mengenalkan bubur susu pada anak dengan dicampur ASI, tapi tidak terus-menerus. Sebab, tujuan mengenalkan makanan pada anak sejatinya adalah memberi pengenalan rasa lain selain ASI pada mereka. Sehingga, tidak semua bahan makanan seperti bubur beras atau buah harus dicampur ASI.

"Kalau anaknya udah lancar makannya, dikasih alpukat misal, ya kasih alpukatnya aja. Nggak perlu dicampur ASI lagi. Ingat juga kalau anak di atas usia 6 bulan sudah mesti dikenalkan dengan air putih secara bertahap karena itu salah satu cara supaya BAB-nya nggak keras," pungkas pemilik akun instagram @drtiwi ini.

Baca juga: Hai Bunda, Ini Kunci Pemberian MPASI bagi si Kecil


(rdn/up)
Topik Hangat Cerdas Memberi MPASI
News Feed