Rabu, 06 Apr 2016 19:04 WIB

Cerdas Memberi MPASI

Perhatikan! Ini Aturan-aturan Penting Saat Memberi Makan Anak

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Topik Hangat Cerdas Memberi MPASI
Jakarta - Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) pada anak mungkin terkesan mudah, namun sebenarnya ada beberapa aturan penting yang sebaiknya dilakukan orang tua. Ini supaya anak juga bisa makan dengan siap.

Aturan-aturan saat makan atau yang sering disebut juga dengan feeding rules menurut dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA atau dr Tiwi adalah aturan yang diberlakukan orang tua pada anak saat MPASI. Misalnya makanan apa yang duluan diberikan, berapa banyak porsinya, sampai seperti apa teksturnya. Yang tak kalah penting adalah waktu pemberian MPASI.

"Jadwal makan jangan kacau karena kita perlu membuat displin makan. Selain itu, lamanya waktu yang diberikan saat memberikan anak makan juga penting," tutur dr Tiwi saat berbincang dengan detikHealth.

Ada sebagian anak yang mengunyah dengan cepat dan lahap saat makan, sehingga waktu makannya bisa dibilang tak lama. Tapi ada juga anak yang dua jam makan belum selesai, hanya diemut saja. Jika kasusnya seperti ini, sebaiknya hentikan kegiatan makannya.

"Boleh dirayu sedikit, misalnya bibirnya diajak mengunyah-ngunyah gitu. Tapi kalau dia sudah mengemut terus, setop saja lalu nanti baru dikasih lagi. Karena dalam feeding rules salah satunya adalah makan tidak lebih dari 30 menit berapapun porsi yang didapat, karena anak lama-lama juga akan cepat makannya," imbuh dr Tiwi.

Menurutnya, otak anak masih mudah 'diprogram'. Jika misalnya pada tahap-tahap awal anak makan cukup lama, dengan kedisiplinan maka lama-kelamaan ia bisa makan lebih cepat dan lahap. "Harus dicari tahu juga si bayi suka rasa apa, sedang lapar atau tidak, bosan atau tidak dengan menunya, suasana makannya bagaimana. Atau mungkin dia mengantuk, jadi makannya lama," tutur dokter yang praktik di RS Bunda Jakarta tersebut.

Yang tak kalah penting, ajarkan anak untuk fokus saat makan. Salah satunya adalah dengan tidak makan sambil menonton televisi. Di sini orang tua dituntut untuk bisa kreatif supaya anak mau makan tapi suasananya tetap menyenangkan dan tak membosankan.

"Makan sambil main yang berhubungan dengan makannya sih nggak apa-apa. Misalnya 'yuk makan, coba ini kapalnya mau masuk nih, aaaam'. Karena memang semua kegiatan anak itu setting-nya main. Kalau formal pasti bosan," pesan dr Tiwi.

Baca juga: Untuk Bayi 7 Bulan Mana Porsi MPASI yang Ditambah, Bubur atau Buah? (ajg/up)
Topik Hangat Cerdas Memberi MPASI