Senin, 20 Jun 2016 12:03 WIB

Kulit Belang karena Vitiligo

Sama-sama Muncul Bercak Putih di Kulit, Ini Bedanya Vitiligo dan Panu

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sama-sama menimbulkan bercak putih di kulit, vitiligo dan panu seringkali tertukar. Padahal keduanya berbeda dan memiliki metode pengobatan yang juga berbeda.

Seperti disampaikan oleh dr Suksmagita Pratidina, SpKK dari Skin and Aesthetic Clinic RS Pondok Indah-Puri Indah, bahwa vitiligo memiliki gejala yang khas. Kondisi ini hanya semata-mata perubahan warna kulit menjadi tidak ada warna, tanpa rasa gatal.

"Tidak ada muncul gejala iritasi atau perih juga sebelumnya. Jadi mendadak berubah warna," tutur dokter yang akrab disapa dr Gita tersebut kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Vitiligo, Penyakit yang Bikin Kulit Memudar Jadi Warna Putih Susu

Pada panu, biasanya perubahan warna kulit menjadi memudar ini adalah karena jamur. Sementara vitiligo, masih terdapat banyak teori yang mengungkapkan penyebabnya. Salah satunya disampaikan dr Gita bahwa vitiligo berhubungan dengan penyakit autoimun, di mana tubuh justru menyerang sistem imunitas.

"Bedanya lagi adalah dari intensitas hilangnya warna. Pada vitiligo hilangnya warna itu jadi benar-benar putih atau depigmentasi. Lain halnya kalau panu, biasanya memudar sedikit warnanya, jadi hipopigmentasi atau pigmentasinya berkurang," terang dr Gita.

Dari segi fisik, biasanya saat digores panu akan tampak bersisik, sementara tidak pada vitiligo. "Panu juga gatal, terutama saat panunya berat," sambungnya.

Baca juga: Ada Riwayat Vitiligo di Keluarga, Pasti Menurun ke Anak atau Cucu?

(ajg/vit)