Senin, 20 Jun 2016 17:01 WIB

Kulit Belang karena Vitiligo

Di Area Tubuh Ini Umumnya Vitiligo Lebih Sering Muncul

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Vitiligo bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Namun umumnya, di daerah manakah bercak kulit yang memudar dan berwarna putih susu itu lebih sering muncul?

"Yang banyak kita temukan adalah vitiligo di area yang terpajan matahari seperti muka, lengan, dan kaki," ujar dr Suksmagita Pratidina SpKK dari Skin and Aesthetic Clinic RS Pondok Indah-Puri Indah saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

dr Gita mengatakan, vitiligo di area wajah lebih diperhatikan karena bagaimanapun, area tersebut adalah area yang paling mudah terlihat. Kemudian, paling sering ditemui adalah vitiligo vulgaris di mana bentuk area vitiligonya seperti percikan-percikan lebar.

"Memang jenisnya bisa campur juga, tapi seringnya pasien itu concern-nya yang di wajah. Kalau di badan, mereka nggak terlalu merasa urgent, karena ketutup jadi nggak kelihatan. Kalau di muka, tangan atau kaki kan kelihatan banget ya," tambah dr Gita.

Baca juga: Vitiligo Tak Bisa Sembuh 100 Persen? Ini Kata Dokter

Sehingga, dengan kata lain, vitiligo yang diobati pasien tergantung pada lokasinya. dr Gita mengingatkan, ketika vitiligo muncul di wajah dan ujung tangan atau kaki, lalu muncul di bagian badan, maka itu bukan tipe vitiligo acrofacial (vitiligo yang muncul di tangan, kaki dan wajah saja).

Menurut pengalaman dr Gita, cukup banyak masyarakat yang sudah tahu soal vitiligo. Bahkan, beberapa pasien ada yang langsung menanyakan apakah bercak putih di kulitnya adalah vitiligo, meski kenyataannya belum tentu.

"Yang sering dikhawatrikan adalah keluhan yang lebih berat, yaitu vitiligo tadi. Beratnya vitiligo ini bukan dalam artian fatal ya, tapi beratnya pengobatan yang agak susah kan. Kalau ternyata keluhan lain misalnya panu gitu kan gampang diatasi ya sebenarnya," tutur dr Gita.

Baca juga: Prosedur Terapi Vitiligo: Terapi Jemur Hingga Tandur Kulit

(rdn/vit)