Senin, 20 Jun 2016 19:03 WIB

Kulit Belang karena Vitiligo

Mereka Tetap Semangat dan Pede Meski Berkulit Belang Akibat Vitiligo

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta - Kulit belang sedikit karena paparan sinar matahari saja sudah bisa membuat seseorang minder. Apalagi jika muncul bercak putih seperti warna susu yang muncul di kulit akibat vitiligo? Kondisi itu bisa saja membuat seseorang malu.

Namun, hal itu tak berlaku bagi orang-orang ini yang menunjukkan semangatnya dalam menjalani hidup dengan rasa percaya diri yang tinggi. Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya seperti ditulis detikHealth pada Senin (20/6/2016).

1. Winnie Harlow

Winnie Harlow/ foto: instagram


Sejak berusia 4 tahun, Winnie didiagnosis vitiligo. Ia juga sering di-bully teman-temannya dengan mendapat panggilan sapi atau zebra. Namun, Winnie membuktikan bahwa kondisi kulitnya itu tak menghalangi dirinya untuk berkarya. Hingga akhirnya, wanita dengan nama asli Chantelle Brown-Young itu terpilih menjadi finalis America's Next Top Model.

Meski tidak menang, karir Winnie cukup bersinar di mana selanjutnya ia dikontrak menjadi model salah satu brand fashion asal Amerika, Diesel. Winnie juga diminta menjadi pembicara di sekolahnya untuk memotivasi anak-anak yang memiliki kondisi spesial agar tetap optimistis menjalani hidup.

2. Michael Jackson

Michael Jackson/Getty Images


King of Pop ini mengungkapkan vitiligo yang ia idap dalam sesi wawancara di The Oprah Winfrey Show pada tahuin 1993 setelah diagnosis itu ia dapatkan di awal tahun 1980-an. Saat meninggal di bulan Juni 2009 lalu, perubahan warna pada kulit Michael sempat dipertanyakan. Namun, hasil autopsi memastikan bahwa perubahan warna yang terjadi pada kulit Michael karena vitiligo.

3. April Star

Bocah 10 tahun ini didiagnosis vitiligo saat usianya enam tahun. Tak pelak, April kerap jadi bahan olok-olokan temannya. Meski awalnya sempat terpuruk, April berusaha bangkit dan bertekad mewujudkan mimpinya menjadi model.

Dia pun kini sudah populer di Instagram. Dengan nama akun @redefinedmybeauty, followers gadis asal Miami, Florida, itu mencapai 115 ribu. Pada akunnya itu, bertebaran foto-fotonya berpose selfie hingga tampil fierce seperti model. Hingga saat ia bertemu dengan model Winnie Harlow yang juga memiliki vitiligo, April semakin percaya diri dengan kondisi kulitnya itu.

April Star/instagram


4. Krizz Kaliko

Krizz Kaliko/instagram


Penyanyi dan rapper asal Amerika ini memiliki vitiligo di wajah, tepatnya di area bibir dan pelupuk matanya. Bukannya minder, pria bernama asli Samuel William Christopher Watson IV ini justru menjadikan kondisi yang diidapnya itu sebagai judul salah satu albumnya yang dirilis pada tahun 2008.

5. Tiffany Posteraro

Tiffany Posteraro/instagram


Vitiligo muncul di punggung, lengan, kaki, dan sebagian wajah Tiffany sejak ia berusia 7 tahun. Sempat minder dengan kondisinya, namun Tiffany kembali percaya diri ketika melihat model Winnie Harlow. Ia pun bergabung dengan komunitas vitiligo.

Mendapat dukungan tersebut, Tiffany mulai berani menampakkan tubuhnya. Bahkan, ia membuat tato di lengan kanannya dengan tulisan 'Its Called Vitiligo'.

"Saya ingin tato ini menjawab pertanyaan yang ada di kepala mereka tentang apa yang ada pada diri saya," tutur Tiffany.

Baca juga: Di Area Tubuh Ini Umumnya Vitiligo Lebih Sering Muncul (rdn/vit)