Senin, 20 Jun 2016 13:04 WIB

Kulit Belang karena Vitiligo

Kenali, Ini 3 Tipe Vitiligo Berdasarkan Area Munculnya

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Berdasarkan area munculnya, vitiligo dibedakan menjadi tiga tipe. Nah, masing-masing tipe ini memiliki perbedaan khas yang juga berpengaruh terhadap metode pengobatannya.

Seperti disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dari Skin and Aesthetic Clinic RS Pondok Indah-Puri Indah, dr Suksmagita Pratidina, SpKK, atau dr Gita bahwa menurut pengalamannya kebanyakan vitiligo muncul di daerah tubuh kemudian menjalar ke wajah, tangan dan kaki. Dijelaskan lebih lanjut, vitiligo sendiri ada beberapa macam yaitu vitiligo vultaris, vitiligo acrofacial dan vitiligo segmental. Apa bedanya?

"Vitiligo vulgaris biasanya ditandai dengan muncul bercak yang 'ceplok-ceplok'. Bercak ini menyebar di badan, wajah dan bagian tubuh lainnya," tutur dr Gita kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Ada Riwayat Vitiligo di Keluarga, Pasti Menurun ke Anak atau Cucu?

Sementara vitiligo acrofacial muncul di tangan, kaki dan wajah saja. Menurut dr Gita, acro memiliki arti tangan dan kaki ujung, sementara facial adalah wajah. Oleh sebab itu, bercaknya tak muncul di bagian badan. "Jadi badannya bersih, tidak ada vitiligonya. Tapi di tangan dan kaki ada," imbuhnya.

Untuk vitiligo segmental, biasanya bercak muncul hanya di satu segmen saja, kiri atau kanan bagian tubuh.

dr Gita menegaskan, setiap tipe umumnya memengaruhi efektivitas terapi yang diberikan oleh dokter. "Paling mudah yang vulgaris. Kemudian agak lebih sulit yang acrofacial, dan yang paling resisten adalah yang segmental," tuturnya.

Vitiligo segmental biasanya tidak berkembang dan meluas, lain halnya dengan vitiligo vulgaris dan acrofacial. Keduanya berisiko meluas. Ini karena ada teori yang menyebutkan saat seseorang stres atau ada gesekan berulang, maka bercak dapat meluas.

"Gesekan itu misalnya termasuk juga kalau bercaknya dikopek-kopek, itu kadang bisa mencetuskan. Makanya untuk menghindari supaya bercaknya ini nggak meluas, hindari stres dan gesekan," pesan dr Gita.

Baca juga: Sama-sama Muncul Bercak Putih di Kulit, Ini Bedanya Vitiligo dan Panu


(ajg/vit)