Kamis, 22 Des 2016 13:45 WIB

Hari Ibu 2016

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu Bekerja

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 1 dari 4
ilustrasi daycare (Foto: Reza/detikHealth) ilustrasi daycare (Foto: Reza/detikHealth)
Topik Hangat Hari Ibu 2016
Jakarta - Mengurus anak merupakan salah satu problema yang dialami oleh ibu bekerja. Sebagai ibu, tentunya mengurus anak dan memaksimalkan tumbuh kembangnya merupakan suatu kewajiban.

Di sisi lain, pekerjaan sulit untuk ditinggalkan karena beragam alasan, mulai dari faktor ekonomi, kebutuhan keluarga, hingga pengembangan diri. Dilema ini tentunya membuat ibu stres yang akhirnya bisa mengganggu kesehatan.

Dilema inilah yang dialami oleh Gita Alviana. Gita yang merupakan karyawan BUMN di Bank Mandiri mengatakan saat anaknya lahir, ia dihadapkan dengan masalah bagaimana mengurus anak.

"Pilihannya ada tiga sih, pertama titip ke kakek dan neneknya. Tapi papa sama mama aku kebetulan nggak di kota ini tinggalnya. Kedua ya sewa nanny, tapi ini juga sulit karena ada rasa waswas atau nggak aman ninggalin anak sama orang sendirian. Solusi terbaiknya ya memang terakhir ini, dititipkan di daycare," tutur Gita saat berbincang dengan detikHealth, baru-baru ini.

Baca juga: Celoteh Para Bocah: Selamat Hari Ibu, Mama!

Hal senada juga dikatakan oleh Bunda Susan, pengelola TPA Artha Wildan di Kompleks Kementerian Keuangan. Tidak semua ibu bisa menitipkan anaknya ke kakek dan nenek. Sementara untuk menyewa baby sitter, nanny atau pengasuh pribadi, kemampuan finansial sangat berpengaruh.

Maka dari itu, daycare atau TPA merupakan solusi yang tepat sekaligus praktis, apalagi jika daycare berada di lingkungan tempat kerja ibu. Anak dapat diasuh dengan baik, berangkat dan pulang bersama ibu serta mudah ditengok jika ada suatu hal atau keperluan khusus.

"Karena daycare kan bukan hanya tempat anak dititipkan sampai ibu pulang. Di daycare juga anak mendapat banyak manfaat, seperti stimulasi kognitif, bicara, motorik kasar, motorik halus dan juga bersosialisasi dengan teman sebayanya," ungkap Bunda Susan.

Mayang merupakan salah satu ibu yang merasa bersyukur bisa memiliki daycare di lingkungan kantor. Aparatur Sipil Negara yang mengabdi di Kementerian Kesehatan ini mengaku tidak lagi merasa risau dan kebingungan soal pengasuhan anak karena ada daycare di lingkungan kantornya.

"Orang tua kerja tanpa khawatir, karena kan di daycare kita sudah tahu apa saja kegiatannya, dan kita juga dapat laporan harian soal perkembangan anak. Biayanya juga murah untuk ukuran daycare ya, hanya Rp 600 ribu per bulan. Kalau daycare rumahan kan bisa lebih mahal," ungkap Mayang.

Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu 2016 hari ini, detikHealth akan mengulas beberapa daycare dan TPA yang memiliki reputasi bagus seperti TPA Serama di Kemenkes, TPA Artha Wildan di Kemenkeu dan Mandiri Daycare di Plaza Bank Mandiri. Untuk pembahasan lebih lengkap soal masing-masing daycare, simak di halaman berikutnya.

Baca juga: Memahami Stres yang Rentan Dialami Ibu Bekerja (mrs/up)
News Feed