Kamis, 22 Des 2016 16:35 WIB

Hari Ibu 2016

Selalu Ada Cinta di Balik Senyum Ibu

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Topik Hangat Hari Ibu 2016
Jakarta - Ibu adalah sosok kuat yang kerap memberikan senyum terbaik bagi anak-anaknya. Di balik senyum ibu, ada sejuta cinta untuk anak-anaknya.

Ndhari, seorang ibu tunggal, menceritakan tidak mudah membesarkan anak-anaknya sendiri setelah kepergian sang suami. Masa di mana dia harus jadi satu-satunya tulang punggung keluarga.

"Kadang berat, harus berjuang sendiri. Tapi aku ingin anak-anak mendapatkan haknya dapat pendidikan dan hidup yang layak. Senyum mereka, hal-hal positif yang mereka lakukan yang menguatkan aku," ujarnya dalam perbincangan dengan detikHealth.

Di hari-hari yang kadang terasa berat dan butuh lengan untuk bersandar, Ndhari lebih memilih memperbanyak salat. "Kalau aku sedih, anak-anak yang kehilangan sosok ayah jadi ikut sedih dan nggak semangat. Kupikir ibu yang kuat akan punya anak-anak yang kuat juga," imbuhnya sembari tersenyum.

Bunga, sosok ibu lainnya, terkadang merasa sedih kesibukannya bekerja membuatnya melewatkan saat-saat penting perkembangan anaknya. Misalnya saja, ketika anaknya bisa berjalan sendiri untuk pertama kalinya, Bunga justru mendapat kabar itu dari ibundanya. Karena sehari-hari ibunda bungalah yang menjaga si kecil dengan bantuan pengasuh.

"Bekerja itu memang pilihan. Tapi sejak awal saya kasih tahu anak saya, saya bekerja itu juga untuk dia. Untuk pendidikan dia, untuk memenuhi kebutuhan dia juga," ucapnya.

Bekerja seharian dengan berbagai tanggung jawab yang harus dipikul belum lagi bergelut dengan kemacetan Jakarta, tentu bukan perkara mudah. Tapi Bunga berusaha menyelesaikan pekerjaannya di kantor, sehingga ketika pulang ke rumah bisa fokus pada pengasuhan dan pendidikan anaknya.

"Lelah sih kerja seharian. Tapi begitu di rumah, semua waktu buat anak. Waktu dia kecil, saya gendong sampai dia tidur. Pegel sih pundak, tapi lihat dia tidur nyenyak, terobati semua," imbuhnya.

Achi, seorang ibu yang memilih berhenti bekerja agar bisa lebih fokus mendidik anak mengatakan hal yang paling membuatnya khawatir adalah bila anaknya tidak mau makan, sakit dan terkait perkembangan si kecil.

Baca juga: Memahami Stres yang Rentan Dialami Ibu Bekerja

"Kalau anak nggak mau makan, mungkin karena sakit, khawatir banget. Tapi biar dia semangat makan, aku harus tetap senyum dan berusaha menyuapi dia," kata Achi.

Selalu Ada Cinta di Balik Senyum IbuFoto: detikhealth


Dia katakan, saat khawatir tidak bisa menyembunyikannya dari anaknya. "Aku bilang ke anak makan dong kalau nggak makan nanti nggak ada energi, terus jadi kurus, nanti ibu sedih," imbuhnya.

Apa yang dilakukan Achi didukung psikolog keluarga dan anak, Anna Surti Ariani SPsi MSi. Kata perempuan yang akrab disapa Nina ini, kekhawatiran atau rasa takut sebaiknya memang tidak disembunyikan, melainkan diatasi.

Nah, bagi ibu yang mood-nya sedang tidak baik, Nina menuturkan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah posisi duduk menjadi lebih tegak. Jika ibu sudah menyadari wajahnya mengerut karena kesal, tariklah napas dan ubah ekspresi wajah menjadi tersenyum. Karena tersenyum merupakan hal positif, sedikit banyak bisa membantu mendapatkan mood yang baik pula.

"Bisa juga dengan menyemangati diri sendiri. Tapi ibu perlu juga dukungan dari orang lain, misalnya mendengarkan keluh kesah dan memberikan pujian bagi ibu atau ungkapan manis lainnya," tambah Nina.

Baca juga: Bagi Nadya Mulya, Setiap Hari Adalah Hari Ibu

Mau lihat kepolosan anak-anak menceritakan tentang ibunya? Yuk simak bersama di video berikut ini:



(vit/up)
Topik Hangat Hari Ibu 2016
News Feed