Kamis, 22 Des 2016 17:30 WIB

Hari Ibu 2016

Ini yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Sebelum Daftarkan Anak ke PAUD

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Reza/detikHealth) Ilustrasi (Foto: Reza/detikHealth)
Topik Hangat Hari Ibu 2016
Jakarta - Anak memasuki usia balita (di bawah lima tahun). Kadang kala, ada orang tua yang bersemangat mendaftarkan sang anak ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sebenarnya, seberapa perlu anak dimasukkan ke PAUD ya?

"Kita mesti lihat anak usia berapa dulu ya. Karena masuk PAUD kan ada tujuannya yaitu mempersiapkan anak melakukan sosialisasi, saat dia masuk sekolah nanti," kata psikolog klinis dari Klinik Tiga Generasi, Tiara Puspita MPsi, Psikolog dalam perbincangan dengan detikHealth.

Tiara menekankan, penting bagi orang tua mempertimbangkan apakah memang perlu anak dimasukkan ke PAUD. Pada anak usia 3-5 tahun, diikutkan ke PAUD bisa saja dilakukan, tapi dasar kegiatan yang dilakukan anak adalah bermain sambil belajar.

"Tapi misalnya anak masih usia 1 sampai 2 tahun mau dimasukkan ke kelas-kelas bermain boleh saja, misalnya seminggu sekali. Tapi ingat, bonding dengan ibu dan ayah lebih diperbanyak karena mereka lebih perlu itu. Tapi sekali lagi ini tergantung pandangan masing-masing orang tua ya," kata Tiara.

Baca juga: Tidur Siang Penting untuk Anak-anak Usia PAUD, Ini Alasannya

Beberapa waktu lalu, psikolog anak Roslina Verauli MPsi, Psikolog mengungkapkan jika orang tua ingin memasukkan anak ke sekolah untuk menstimulasi kemampuan akademis berupa pelajaran baca tulis hitung (calistung), baiknya saat anak berusia 4 tahun.

Sebab, di usia itulah kemampuan kognitif anak sudah mulai berkembang. Di bawah usia 4 tahun, kegiatan 'belajar' yang dilakukan anak konteksnya masih bermain. Demikian disampaikan wanita yang akrab disapa Vera ini.

"Yang terpenting kita stimulasi sesuai tumbuh kembang anak. Kalau supaya anak dia belajar bersosialisasi, mengenal orang di sekitarnya, mengasah kemampuan sensomotornya, boleh-boleh saja kalau mau dimasukkan ke kelompok bermain misalnya. Tapi ingat, secara kognitif, kemampuan anak mulai berkembang saat usia 4 tahun," tambah Vera.

Baca juga: Masih 3 Tahun, Bocah Ini 'Jatuh Cinta' dengan Bulutangkis dan Bercita-cita Jadi Atlet

(rdn/up)
Topik Hangat Hari Ibu 2016