Selasa, 20 Mar 2018 12:02 WIB

Fakta di Balik Tulisan 'Cakar Ayam' Dokter di Kertas Resep

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Infografis Foto: Infografis
Jakarta - Kerap kita menemukan tulisan dokter yang sulit dibaca seperti 'cakar ayam' pada kertas resep, lalu muncul anggapan bahwa semua dokter mempunyai cara menulis yang tidak baik.

"Nggak ada istilahnya identik dengan tulisan jelek. Handwriting itu kan macem-macem ya. Kalau mahasiswa saya tulisannya bagus ya bagus, kalau awalnya jelek ya jelek," bantah dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) saat dihubungi oleh detikHealth melalui telepon, Senin (19/3/2018).

dr Ari menyebutkan kemungkinan besar tulisan cakar ayam tersebut ada karena masalah waktu. Bisa jadi bahwa dokter memiliki waktu yang sedikit, sementara pasien yang mengantri cukup banyak.



Selain itu, kemungkinan juga karena kebiasaan menulis cepat saat kuliah. "Saya dulu masuk FKUI tahun 1980 kuliahnya mencatat, kadang-kadang waktu terbatas, nggak ada istilahnya foto atau capture ya, hahaha. Dosen ngomong mesti catet," lanjutnya seraya tertawa.

Terkait dengan resep, dr Ari mengungkapkan bahwa apa yang tertulis di kertas resep semata-mata hanya digunakan sebagai alat komunikasi antar dokter, perawat, dan apoteker.

Dan prinsipnya, para pelaku medis tersebut tentu sudah terbiasa dan mengetahui apa yang dimaksud di dalam kertas resep tersebut.


Biasanya melalui informasi seperti spesialis dokter dan umur pasien, pihak-pihak tersebut akan mudah mengenali obat serta diagnosis yang dituliskan.

Namun jika salah satu pihak merasa tidak jelas, imbuh dr Ari, maka ia harus segera menghubungi dokter terkait agar tidak terjadi kesalahpahaman.

"Kalau sekarang sih udah era elektronik. Hal-hal seperti itu udah jarang, medical report sudah computerized. Tapi mungkin ya kalau pasien terlalu banyak ya lebih milih tulis tangan aja," tandas dr Ari.

Hayoo bagaimana, masih mau bilang semua dokter itu tulisan tangannya jelek?

Baca juga: 10 Meme Tentang 'Ancurnya' Tulisan Dokter Ini Bikin Ketawa (Frieda Isyana Putri/up)
News Feed