Kamis, 22 Mar 2018 10:58 WIB

Kata BPOM Soal Sarden Impor Mengandung Cacing di Riau

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ikan makarel sarden produk impor yang ditemukan di Riau positif mengandung cacing. Masyarakat diimbau untuk tidak membeli produk sarden tersebut lagi.

"Setelah kita lakukan uji laboratorium, dipastikan ada cacing dalam kemasan itu. Tapi bukan cacing pita seperti yang viral di medsos," kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, Muhammad Kashuri, kepada wartawan, Rabu (21/3/2018), seperti dikutip dari detiknews.

Disebutkan ada tiga merek produk ikan makarel yang mengandung cacing, yaitu IO, Farmer Jack, dan HOKI, berdasarkan hasil uji laboratorium pihak BBPOM Pekanbaru.



Dihubungi detikHealth, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membenarkan hal tersebut. BPOM menyebutkan bahwa proses uji dan penarikan produk-produk tersebut sudah mulai berjalan.

"Sudah proses (uji) dan sudah berjalan (proses penarikan)," kata Drs Suratmono, M.P, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan Olahan.

Lebih lengkapnya lagi, Suratmono menyebutkan bahwa BPOM akan dengan segera memberikan keterangan pada publik mengenai informasi ini lebih detail. Sehingga, masyarakat tidak perlu panik lagi dengan kesimpangsiuran berita yang ada di sosial media.

"Nanti ada penjelasan dari BPOM, yang jelas bukan cacing pita," tutupnya.

Dari hasil uji laboratorium, ditemukan jenis cacing Anisakis sp. Cacing tersebut dalam kondisi sudah mati di dalam kemasan kaleng, bukan akibat kerusakan kemasan atau kedaluwarsa.

(ask/up)