Selasa, 01 Mei 2018 14:04 WIB

Minum Kopi Saat Lembur, Bahayakah Kalau Sampai Berdebar-debar?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minum kopi saat lembur, bahaya nggak ya kalau sampai berdebar-debar? Foto: Thinkstock Minum kopi saat lembur, bahaya nggak ya kalau sampai berdebar-debar? Foto: Thinkstock
Jakarta - Kopi merupakan suatu stimulan karena mengandung kafein yang dapat membuat Anda lebih bersemangat, tidak mengantuk, dan meningkatkan fungsi otak serta tubuh Anda saat memulai hari, apalagi saat sedang lembur.

Namun, tak jarang ketika minum kopi menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah jantung terasa berdebar-debar. Sebenarnya, apakah ini berbahaya?

Dikatakan ahli jantung, dr Ayuthia Putri Sedyawan, ada banyak macam berdebar-debar pada jantung, yakni ada yang fatal dan ada pula yang non fatal. Namun, apabila berdebar-debarnya non fatal yang disebabkan mengonsumsi kopi, tidak berbahaya.

"Jadi kalau misalnya berdebar itu sebenarnya banyak macamnya, ada yang fatal ada yang non fatal. Tapi kalau berdebar-debarnya non fatal yang biasanya disebabkan oleh minum kopi, sebenarnya tidak berbahaya," ujar dr Ayu kepada detikHealth.

"Namun tetap, kalau ada keluhan berdebar-debar sebaiknya diperiksakan macamnya ke dokter," tambahnya.


Begitu juga dengan pendapat ahli jantung lainnya, dr Isman Firdaus. Ia menyebut minum kopi 3 sampai 5 cangkir sehari sebenarnya tidak berbahaya untuk jantung, bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa kopi memberikan dampak positif untuk penyakit diabetes melitus.

"Namun bagi penderita gangguan irama jantung atau sensitif terhadap kafein sebaiknya dihindari. Minum kopi dapat menyebabkan gangguan irama seperti ekstra sistole pada pasien dengan kadar elektrolit yang rendah atau terdapat riwayat gangguan listrik jantung," tegas dr Isman.

(hrn/up)
News Feed