Kamis, 31 Mei 2018 13:10 WIB

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Ini 3 Gambar Terbaru di Bungkus Rokok, Menyeramkan Nggak?

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Dari lima gambar seram yang ada saat ini, hanya dua yang dinilai efektif. Tiga lainnya akan digantikan gambar seram yang baru (Foto: Puskom Kemenkes) Dari lima gambar seram yang ada saat ini, hanya dua yang dinilai efektif. Tiga lainnya akan digantikan gambar seram yang baru (Foto: Puskom Kemenkes)
Jakarta - Sesuai yang dijanjikan, pemerintah mengevaluasi 5 peringatan bergambar di bungkus rokok. Dari 5 gambar seram yang ada, 3 di antaranya diputuskan untuk diganti karena kurang menakutkan.

"Kita evaluasi apakah PHW (Pictorial Health Warning) efektif, menimbulkan rasa takut atau tidak," kata dr Anung Sugihantono, MKes, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI.

"Hasilnya, dua efektif dan tiga kurang efektif," lanjut dr Anung, ditemui dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018).

Ketiga gambar yang dinilai kurang menyeramkan, menurut dr Anung akan segera diganti. Penggantinya adalah sebagai berikut.

Tiga gambar terbaru di bungkus rokok akan menggantikan tiga gambar seram yang dinilai kurang efektif.Tiga gambar terbaru di bungkus rokok akan menggantikan tiga gambar seram yang dinilai kurang efektif. Foto: Puskom Kemenkes




Jika gambar seram sebelumnya banyak mengambil gambar dari luar negeri, kali ini ada dua gambar yang merupakan korban rokok asli dari tanah air. Ketiganya merupakan hasil seleksi dari sekitar 20-an usulan gambar seram yang masuk ke Kementerian Kesehatan.

"Kriteria menyeramkan adalah menakutkan, membuat perokok ingin berhenti, dan tidak ingin mulai merokok," jelas dr Anung.

Bagaimana menurut kamu, cukup menyeramkan nggak?







Tonton juga 'Waduh! Hati-hati Perokok Lebih Berisiko Obesitas':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)