Kamis, 13 Sep 2018 14:01 WIB

Ahli Gizi Sebut 5 Produk Ini Lebih 'Manis' dari Susu Kental Manis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pedagang martabak manis menuangkan susu kental manis (Foto: Peti/detikcom) Pedagang martabak manis menuangkan susu kental manis (Foto: Peti/detikcom)
Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan surat edaran mengenai susu kental manis (SKM), tapi perdebatan tentang kandungan gula di dalamnya seakan tidak ada habisnya. Dipercaya dapat memicu obesitas dan tidak baik bagi kesehatan.

Tapi tahu nggak sih ternyata masih terdapat makanan dan minuman lain yang yang lebih tinggi kadar gula dan energinya daripada SKM.

"Analisis yang dilakukan oleh Atmarita terhadap data SKMI (Survei Konsumsi Makanan Individu) Kemenkes 2014 menunjukkan lima makanan dan minuman manis ini memiliki lebih banyak kandungan gula seperti jeli, sirup, madu, coklat dan selai," ujar pakar gizi Prof Hardinsyah saat ditemui detikHealth di Hotel Pomelotel Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018).



Prof Hardinsyah mengatakan bahwa memang susu kental manis memiliki kadar gula yang cukup tinggi, namun di Indonesia kandungan gula dari SKM justru tidak termasuk lima besar teratas.

Penggunaan susu kental manis masih diperbolehkan sebagai bahan pelengkap sajian. Meski kandungan gula dalam SKM tidak sebanyak makanan tadi, konsumsi susu kental manis tetap tidak boleh berlebihan dan jangan terlalu sering.



Saksikan juga video 'Yakin Ini Susu? Atau Perasa Susu?':

[Gambas:Video 20detik]


Ahli Gizi Sebut 5 Produk Ini Lebih 'Manis' dari Susu Kental Manis
(up/up)
News Feed