Jumat, 28 Sep 2018 18:55 WIB

Saran Dokter Biar Nggak Kebelet Nahan BAB di KRL

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi BAB. Foto: iStock Ilustrasi BAB. Foto: iStock
Jakarta - Pasti malu kan nggak bisa menahan buang air besar (BAB) di transportasi umum. Seperti penumpang yang BAB di gerbong KRL itu, membuat penumpang lain kebauan.

Nggak mau kan kamu mengalami hal serupa? Dokter spesialis penyakit saluran cerna, Irsan Hasan, memberikan saran yang akan bepergian, entah berangkat kerja atau ke manapun.

"Kalau tahu akan pergi dan sulit mencari toilet di perjalanan, ya jangan isi perut penuh-penuh sebelum pergi untuk mengurangi frekuensi BAB," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (28/9/2018).


dr Irsan juga menganjurkan sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung serat tinggi, karena serat dapat membuat keinginan BAB semakin tinggi dan memperberat kontraksi.

Satu hal yang paling penting menurut dr Irsan, yaitu melakukan BAB sesaat sebelum pergi, terutama dengan transportasi umum.

"Yang nggak enak kan kalau kita bangun pagi mau pergi naik pesawat kek atau apa, eh belum BAB. Nah kebelatnya di jalan, itu yang nggak enak. Kalau bisa diplanning ya minum pencahar biar babnya keluar. Misalnya malam sebelum pergi minum pencahar sehingga sebelum mau pergi sudah kosong," jelasnya.

Tuh, dengarkan ya saran dokter biar perjalanan tidak terganggu dengan menderitanya menahan BAB.

(ask/up)
News Feed