Senin, 15 Okt 2018 07:35 WIB

Tak Cuma Silikon, Bagian Tubuh Ini Juga Bisa Dibikin Implan Payudara

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Payudara dapat direkonstruksi tidak hanya dengan silikon. (Foto: thinkstock) Payudara dapat direkonstruksi tidak hanya dengan silikon. (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
Jakarta - Pengidap kanker payudara umumnya akan menjalani mastektomi atau operasi pengangkatan payudara apabila sudah menyebar ke bagian tubuh lain. Agar tak mengurangi kepercayaan diri pasien, implan payudara biasanya menjadi salah satu solusi.

Selama ini kebanyakan orang menganggap implan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan silikon. Dan dalam beberapa kasus, silikon justru bisa membahayakan kesehatan sang pasien lebih jauh.

Kini ada prosedur implan payudara yang lebih aman. Yakni dengan menggunakan beberapa bagian tubuh. Kepada detikHealth, dokter ahli bedah kanker payudara, dr Rachmawati, SpB(K)Onk menjelaskan bisa menggunakan dua bagian tubuh tertentu.



"Dari otot perut ataupun otot punggung, itu bisa digunakan untuk membentuk payudara," katanya melalui pesan singkat, beberapa waktu lalu.

Dokter yang lebih akrab disapa dr Rachma ini menyebutkan implan menggunakan silikon bisa berisiko terkena infeksi. Oleh karena itu jika menggunakan bahan dari tubuh kita sendiri bisa lebih aman.

Ia melanjutkan, sekarang ini implan payudara yang dilakukan pada pasien kanker justru lebih banyak yang menggunakan bagian tubuh mereka sendiri. Selain implan payudara, ada juga pilihan untuk merekonstruksi bentuk payudara.






Tonton juga 'Ini Cara Implan Payudara yang Aman':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara