Sabtu, 10 Nov 2018 07:54 WIB

Gel dalam Pembalut Disebut Bikin Mabuk, Memangnya Apa Kandungannya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pembalut mengandung polimer yang mampu menyerap air. (Foto: Istock) Pembalut mengandung polimer yang mampu menyerap air. (Foto: Istock)
Topik Hangat Mabuk Rebusan Pembalut
Jakarta - Efek dari meminum air rebusan pembalut seperti yang dilakukan di Jawa Tengah diklaim bisa memunculkan rasa mabuk, 'nge-fly' atau 'high'. Dalam pengakuan remaja tersebut kepada psikolog yang menangani, efek ini didapatkan dari gel yang ada di dalam pembalut.

Lantas, apakah gel yang dimaksud mereka? Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Haryono menjelaskan kepada detikHealth mengenai kandungannya.



"Di dalam gel yang digunakan pada baik pembalut wanita maupun pembalut bayi (popok) itu adalah Super Absorbent Polymer (AP), atau polimer yang mampu menyerap air dalam jumlah besar," kata Agus saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Polimer tersebut yang membuat pembalut atau popok dapat menyerap air dalam jumlah yang banyak, kemudian memadatkannya sehingga membuat orang yang memakainya tetap nyaman. Polimer tersebut biasanya terbuat dari poliakrilamid atau sejenisnya.

"Kemudian ditambah bahan kimia tambahan surfaktan, mungkin pelarut, atau bahan kimia penunjang lainnya," tandasnya.

(up/up)
Topik Hangat Mabuk Rebusan Pembalut
News Feed