Sabtu, 10 Nov 2018 10:07 WIB

Disebut Bikin Mabuk, Rebusan Pembalut Punya Senyawa Mirip Narkoba?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Beberapa senyawa dalam benda sehari-hari punya efek bikin mabuk (Foto: iStock) Beberapa senyawa dalam benda sehari-hari punya efek bikin mabuk (Foto: iStock)
Topik Hangat Mabuk Rebusan Pembalut
Jakarta - Rebusan pembalut disebut memunculkan efek yang mengerikan. Ini pun dibenarkan oleh Indra Dwi Purnomo, MPsi, Psikolog Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata yang menceritakan bahwa remaja yang dia dampingi di Jawa Tengah sampai sulit menuturkan 'kengerian' yang muncul akibat menenggak minuman ini.

Beberapa orang pun jadi bertanya-tanya, apakah mungkin rebusan pembalut menghasilkan senyawa yang mirip dengan narkoba? Wah, daripada menduga-duga, kita tanyakan pada Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Haryono.

Menurut Agus, meskipun memberikan efek yang sedemikian rupa, rebusan pembalut bukanlah narkoba namun merupakan perkursor. Prekursor adalah zat atau bahan pemula yang dapat digunakan untuk pembuatan narkotika dan psikotropika.



"Seperti katakanlah toluene (cairan bening yang digunakan untuk pengencer cat), toluen ini bukan narkoba tapi termasuk prekursor untuk narkoba atau bahan lain yang secara industrial dia boleh. Tetapi di sisi lain, kalau itu digunakan untuk dihirup itu dapat menimbulkan efek seperti fly, bisa menyebabkan kecanduan juga," jelas Agus.

Dengan kata lain, rebusan pembalut bisa memberikan efek yang hampir sama seperti narkoba misalnya halusinasi, 'nge-fly', atau kecanduan.

"Nah ini tinggal kita mengarahkan supaya bahan-bahan kimia untuk industri seperti ini untuk tidak digunakan untuk hal-hal seperti itu," tegasnya.

(ask/up)
Topik Hangat Mabuk Rebusan Pembalut
News Feed