Sabtu, 22 Des 2018 10:13 WIB

Guru Tertipu, Alat Penghisap Vape Dikira Power Bank

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi vape disangka power bank. Foto: iStock Ilustrasi vape disangka power bank. Foto: iStock
Topik Hangat Nge-Vape Lebih Sehat?
Jakarta - Peredaran vape di Indonesia telah sampai di kalangan pelajar sekolah menengah. Sayangnya peredaran vape yang masif tidak dibarengi info yang memadai bagi kalangan pendidik. Akibatnya, para guru tak bisa ikut mengantisipasi dan melindungi muridnya dari serangan rokok elektrik.

"Beberapa bulan lalu ada guru yang cerita dibohongi sama muridnya saat melakukan pemeriksaan di sekolah. Guru dari SMA dari Bekasi dan Tangerang Selatan ini mengira alat penghisap vape adalah power bank seperti perkataan murid. Keduanya lantas berharap ada sosialisasi soal vape supaya bisa diterapkan di sekolah," kata Ketua Lentera Anak Lisda Sundari pada detikHealth.

Masukan dari tenaga pendidik ini menjadi bahan sosialisasi terkait e-cigarette atau rokok elektrik pada 2019. Lisda mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan modul pendampingan seputar vape untuk para guru. Kegiatan ini awalnya akan dilaksanakan di Jakarta dan Cibinong, Jawa Barat. Pendampingan diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan dan wawasan guru terkait bahaya vape, yang sama dengan rokok batangan.



Menurut Lisda, Indonesia memang agak terlambat merespon tren vape di kalangan remaja. Akibatnya, remaja terlanjur menerima kesan vape lebih baik untuk kesehatan daripada rokok batangan. Kesan yang disebar lewat media sosial ini dibarengi komunitas yang mengundang rasa penasaran. Padahal, vape dan rokok konvensional sama-sama berisiko bagi kesehatan dan menimbulkan ketergantungan.

Keterlambatan tidak jadi masalah, asal pemerintah bisa menyikapi vape dengan aturan yang tegas. Sayangnya menurut Lisda, info dan aturan soal vape masih abu-abu sehingga mudah dilanggar. Info resmi seputar dampak vape bagi kesehatan juga masih berimbang antara yang mendukung dan menolak. Lisda berharap pemerintah bisa segera menentukan sikap, sebelum vape mencakup pasaran yang lebih luas di kalangan remaja.



(up/up)
Topik Hangat Nge-Vape Lebih Sehat?