Minggu, 23 Des 2018 07:53 WIB

Vape Lebih Aman dari Rokok? 86 Persen Pembaca detikHealth Nggak Setuju

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rokok elektrik atau vape. Foto: iStock Rokok elektrik atau vape. Foto: iStock
Topik Hangat Nge-Vape Lebih Sehat?
Jakarta - Less harmful atau lebih tepatnya tidak sebahaya rokok konvensional, menjadi iming-iming dari industri rokok elektrik atau vape. Hal ini lah yang sepertinya membuat tren vape meningkat belakangan ini.

Tetapi tidak semua netizen setuju lho dengan pernyataan di atas. Berdasarkan hasil polling yang diadakan detikHealth di Twitter, ternyata ada 86 persen netizen yang tidak setuju. Apa saja alasannya?

"Memasukkan zat yang tidak sehat dalam tubuh, tetap saja meracuni diri sendiri bahkan orang lain," kata akun @diksilver.

"Walaupun vape itu wangi apalagi yg bubble gum hmm,tapi ttp aja sama² ngrugiin lah," tulis akun @ilokdheaprovita.

Bahkan hanya soal kesehatan, ada yang mengatakan bahwa vape bisa saja menyebabkan kecelakaan akibat alat yang digunakan, seperti yang dicuitkan oleh akun @Bryan80428135.

"Mau rokok mau vape sama sama asap kok dinikmati apa nikmatnya yg ada bikin polusi udara bukan lagi segar yg ada malah tercemar oleh asap. Seaman amannya vape kalok ada rusaknya,erornya,trobelnya gimana yg ada bikin celaka diri sendiri," tulisnya.


Namun, ada 14 persen netizen yang setuju bahwa vape lebih aman ketimbang rokok konvensional. Mereka beralasan bahwa proses nge-vape bukan melalui proses pembakaran melainkan proses penguapan, sehingga yang dihasilkan bukanlah asap, tetapi uap.

"Setuju, karena vape itu proses penguapan bukan pembakaran. Lagipula liquid nya juga mengandung foodgrade jadi aman buat tubuh, ya mungkin karena faktor nikotin nya doang. Tapi untuk masalah ngebul2 nya itu balik lagi ke etika si pengguna, kalo blom dewasa maunya ngebul terus," kata @frieddcabagge.

"Setuju.. Di UK vape sdh ditetapkan sebagai nicotine replacement therapy, alternatif pengganti rokok, sdh ada penelitian yg membuktikan vape is less harmful than cigarette," tulis @dclub96.


Ada pula yang beranggapan bahwa vape lebih aman asalkan pemakaiannya tidak berlebihan dan tetap mementingkan keselamatan dengan penggunaan alatnya.

"sama2 aman, sama2 enak..asalkan normal aja makenya, jangan maruk sekali rokok lgsg 10batang(matilah) vape jangan smpe 1000volt teganganya..wajar saja, pasti aman kok. ga ada ceritanya orang lg rokok trs mati," cuit @masdimmm9.

"Setuju. Lebih aman karena gak ada yg ambil korek dan rokok teman. He he," canda akun @dedyluciano39.

Faktanya, menurut dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), rokok elektrik sama saja bahayanya dengan rokok konvensional.

"Tahu nggak artinya less harmful? Bukan berarti aman kan? Hanya lebih sedikit risikonya. Itu juga tidak benar, sama-sama berbahaya bagi kesehatan kok," tegas dr Agus.

(wdw/up)
Topik Hangat Nge-Vape Lebih Sehat?
News Feed