Senin, 31 Des 2018 16:02 WIB

Konon Bakteri Ini Bisa Bantu Manusia Bernapas di Mars

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi para ahli melihat bakteri. Foto: Getty Images Ilustrasi para ahli melihat bakteri. Foto: Getty Images
Jakarta - Berbagai penelitian tengah mengupayakan proses kehidupan di planet Mars nantinya meskipun masih menjadi kontrovesi. Sebuah penelitian justru menujukkan adanya bantuan dari bakteri untuk membantu manusia hidup di Mars.

Dikutip dari Mashabel, bakteri yang disebut cyanobacteria ini dapat membantu manusia bernapas di Mars. Ini dikarenakan mereka menyerap karbondioksida dan memproduksi oksigen.

Mereka bisa hidup di belahan bumi manapun dengan lingkungan yang tidak bersahabat sekalipun. Maka dari itu, para ahli berpendapat bahwa cyanobacteria ini pasti bisa bertahan di Planet Merah.



Cyanobacteria semacam tumbuhan yang memiliki sifat fotosintesis, yaitu bakteri ini dapat menghasilkan energinya sendiri dari cahaya matahari atau cahaya infra merah.

Di Indonesia, cyanobacteria kerap dianggap sebagai alga biru-hijau, tetapi beberapa mengklaim bahwa itu tidak benar. Cyanobacteria merupakan organisme prokariotik, sedangkan alga merupakan organisme eukariotik.

Para ahli mengatakan bahwa mereka bisa mengirimkan bakteri itu ke Mars untuk memproduksi oksigen lebih banyak dan membuat koloni. Sehingga para ahli berharap bakteri ini bisa mewujudkan impian orang-orang yang ingin hidup di Mars.

(wdw/up)