Senin, 14 Jan 2019 17:54 WIB

Terdeteksi HIV Saat Urus Sertifikat Layak Kawin, Pasangan Dikasih Tahu?

Ayunda Septiani - detikHealth
Poli Caten (Calon Pengenten) di Puskesmas Jagakarsa Jakarta Selatan (Foto: Kireina/detikHealth) Poli 'Caten' (Calon Pengenten) di Puskesmas Jagakarsa Jakarta Selatan (Foto: Kireina/detikHealth)
Topik Hangat Sertifikat Layak Kawin
Jakarta - Kerahasiaan hasil konseling dan tes kesehatan saat mengurus sertifikat layak kawin untuk calon pengantin terjamin, termasuk soal status HIV (Human Imunodeficiency Virus). Lalu apakah pasangan akan dikasih tahu juga?

Seorang petugas di Puskesmas Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Enen Suciati, A.Md.Keb, menjelaskan bahwa pasangan calon pengantin memang diharapkan untuk saling terbuka. Namun terkait hasil tes, maka kerahasiaan tetap akan dijaga dengan sangat hati-hati.

Dijelaskan oleh Enen, bila seorang calon pengantin terdeteksi positif untuk masalah kesehatan tertentu maka ia akan dirujuk ke Ruang Teratai yang merupakan klinik untuk IMS (Infeksi Menular Seksual). Di situ, ia akan mendapat konseling.

"Jadi nggak langsung dikasihkan," jelasnya, dalam perbincangan dengan detikHealth, baru-baru ini.


Hasil tes kesehatan ada di balik sertifikat.Hasil tes kesehatan ada di balik sertifikat. Foto: detikHealth


Urusan memberi tahu pasangan juga akan disampaikan dalam konseling tersebut. Mulai dari menentukan keputusan untuk terbuka atau tidak, hingga siapa yang akan menyampaikan bila memilih untuk terbuka.

"Mau dari kita (yang memberi tahu) atau dari dia sendiri, itu kan sensitif," lanjut Enen.

Yang pasti, Puskesmas akan sangat menjaga kerahasiaan hasil tes. Hanya petugas dan calon pengantin yang bersangkutan yang akan tahu hasil konseling dan tes kesehatan.

"Jadi nggak sampai keluharan, di-keep di sini semua," tegas Enen.



Simak juga video 'Haru! Reaksi Masyarakat Terhadap Pejuang HIV':

[Gambas:Video 20detik]


Terdeteksi HIV Saat Urus Sertifikat Layak Kawin, Pasangan Dikasih Tahu?
(up/up)
Topik Hangat Sertifikat Layak Kawin