Kamis, 24 Jan 2019 13:22 WIB

Overdosis Pisang dan Jeruk, Pria Ini Lumpuh Keracunan Kalium

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Terlalu banyak makan buah juga tak baik bagi kesehatan. (Foto: Apple Daily) Terlalu banyak makan buah juga tak baik bagi kesehatan. (Foto: Apple Daily)
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan
Jakarta - Mengonsumsi buah-buahan tentu sangat baik untuk tubuh. Namun, seperti hal lainnya, ketika dimakan terlalu banyak pun buah tetap memiliki efek yang buruk bagi kesehatan.

Seperti yang dialami oleh pria berkebangsaan Cina, Wang (60), mengalami kelumpuhan dan mati rasa ketika mengonsumsi terlalu banyak buah sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Dikutip dari laman World of Buzz, ketika di rumah sakit, dokter mendiagnosis kondisinya sangat serius. Setelah melakukan serangkaian tes, dokter dikejutkan dengan fakta kondisi kelumpuhan Wang terkait dengan kebiasaannya terlalu banyak makan buah.

"Wang memiliki kecenderungan untuk makan banyak buah karena dia merasa ini adalah kebiasaan yang sehat tetapi dia benar-benar berlebihan" demikian dilaporkan situs tersebut.



Diberitakan bahwa Wang memakan 2,5 kg pisang dan 3 kg jeruk dalam satu minggu karena ia merasa makan buah-buahan itu sehat. Selain itu, kejadian ini juga dipicu akibat ginjal Wang yang tidak berfungsi dengan baik.

Karena buah-buahan yang dia konsumsi yakni jeruk dan pisang mengandung kalium tinggi, hal ini sangat merugikan ginjalnya. Sebab, ginjalnya tidak dapat menghilangkan kalium ekstra dari buah tersebut yang dapat menyebabkan hiperkalemia. Dalam kasus yang serius bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan atau penyakit jantung kronis dan membahayakan hidupnya.

Dokter menyarankan agar orang yang memiliki penyakit ginjal tidak boleh mengkonsumsi makanan yang tinggi potasium secara berlebihan seperti kentang, tomat, pisang, atau jeruk agar ginjal tidak terlalu banyak bekerja.

(kna/up)
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan
News Feed