Selasa, 29 Jan 2019 13:35 WIB

Pasien DBD di RSUD Pasar Rebo Naik Lebih dari 50 Persen

Rosmha Widiyani - detikHealth
Suasana RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur (Foto: Rosmha/detikHealth) Suasana RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur (Foto: Rosmha/detikHealth)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
Jakarta - Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo Naik lebih dari 50 persen. Data RSUD menyatakan, terdapat total 41 kasus DBD sepanjang 2018. Jumlah kasus menjadi 66 hanya dalam periode 1-23 Januari 2019.

"Dibanding tahun lalu memang ada peningkatan. Namun kami dari pihak manajemen sudah menyiapkan upaya antisipasi supaya pasien tetap mendapat pelayanan terbaik. Jumlah pasien setiap hari hingga sekarang masih fluktuatif, misal Jumat (25/01/2019) ada 15 pasien DBD, Senin (28/01/2019) ada 8 pasien, untuk hari ini Selasa (29/01/2019) sudah ada 10 pasien," kata Kepala Humas RSUD Pasar Rebo Sukartiono Pri Prabowo, pada detikHealth.



Salah satu bentuk antisipasi yang dilakukan adalah mengalihfungsikan kamar rawat inap, yang biasanya digunakan untuk pasien dengan penyakit lain. Misal ruang rawat bedah untuk pasien yang baru selesai menjalankan operasi. Jumlah kasus di ruang rawat yang dialihfungsikan cenderung turun, sehingga dipastikan tidak menganggu pelayanan pasien lain.

Bowo mengatakan, pihaknya sudah mulai waspada DBD saat kasusnya ditemukan di Depok dan Bogor. Penyebaran DBD cenderung cepat bila sudah ditemukan di kedua wilayah tersebut, karena jaraknya yang dekat dengan Kecamatan Pasar Rebo. Jumlah pasien DBD di RSUD Pasar Rebo hampir separuhnya adalah dewasa.

Dengan cuaca yang masih cenderung hujan dengan kelembaban tinggi, Bowo yakin pihaknya bisa melayani pasien dengan baik. Namun Bowo juga mengingatkan untuk melakukan pola hidup bersih sehat serta 3M Plus, untuk menekan risiko penularan DBD melalui gigitan nyamuk Aedes aegypty. Upaya pencegahan tetap lebih efektif menghadapi penyakit dibanding pengobatan atau kuratif.

Foto: detikcom







Tonton juga video 'Musim Hujan Telah Tiba, Waspada DBD Ya!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
News Feed