Jumat, 01 Feb 2019 07:05 WIB

Waspadai Benjol di Kemaluan, Bisa Jadi Kanker Penis

Ayunda Septiani - detikHealth
Dibanding jenis kanker lain, kanker penis mungkin masih asing di telinga (Foto: thinkstock) Dibanding jenis kanker lain, kanker penis mungkin masih asing di telinga (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Hati-hati bila menemukan benjolan di ujung penis yang tidak kunjung mengempis. Dokter mengatakan, bisa jadi itu tanda-tanda kanker penis.

Kanker penis mungkin masih terdengar asing, tetapi bukan berarti tidak ada. Jenis kanker ini dipicu oleh infeksi HPV (Human Papiloma Virus), jenis virus yang sama seperti pemicu kanker serviks pada perempuan.

Apa tanda-tanda kanker penis menyerang?

"Penis sering terasa sakit, dan adanya benjolan di ujung penis pria. Setelah berminggu-minggu tidak kunjung mengempis. Adanya ruam atau bisul di sekitar benjolan tersebut. Dan adanya bau tidak sedap di bawah kulup penis pria," ujar dr Poh Beow Kiong, ahli Urologi dari Parkway Hospital, Singapura.



Pada pria, kanker apapun cenderung ditemukan lebih lama. Salah satunya konsep sosial tentang 'kejantanan' membuat para pria lebih rentan menerapkan gaya hidup tidak sehat yang memicu kanker.

Diperkirakan pada tahun 2018, 1 dari 5 pria mengidap kanker sebelum umur 75 tahun.





Tonton juga video 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed