Senin, 04 Feb 2019 10:00 WIB

Sama Seperti Kanker Serviks, Kanker Penis Juga Bisa Menular

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Penyebab kanker penis dan kanker serviks bisa ditularkan lewat hubungan seksual (Foto: thinkstock) Penyebab kanker penis dan kanker serviks bisa ditularkan lewat hubungan seksual (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Kanker penis dipicu oleh infeksi HPV (Human Papiloma Virus), jenis virus yang sama dengan penyebab kanker serviks pada wanita. Oleh karenanya, jenis kanker ini juga bisa 'menular'.

Yang ditularkan tentu saja adalah penyebabnya, yakni HPV. Khususnya tipe 16 dan 18 yang juga dikaitkan dengan kanker serviks.

Menurut dokter spesialis urologi dari RS Mayapada, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, kanker penis pada pria memang jarang terjadi. Puncaknya pria yang dapat mengalami penyakit satu ini juga rata-rata yang berusia 60 hingga 80 tahun. Dan jarang sekali dtemukan pada pria umur 30 hingga 40 tahunan.

Gejala kanker ini antara lain timbul benjolan, borok, atau luka yang tak kunjung sembuh pada bagian penis. Dan bila sudah seperti ini sangat disarankan untuk segera menemui dokter urologi sebelum menulari pasangan saat berhubungan badan.



"Kanker penis yang dialami pria tentu saja dapat menulari pasangannya. Bahkan hingga menyebabkan wanita tersebut mengalami kanker serviks, tentu saja hal ini terjadi setelah melakukan hubungan badan. Bukan hanya dengan cara bersentuhan saja," ujar dr Akbari dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

"Wanita yang memiliki pasangan mengalami kanker penis, kemungkinan untuk terkena kanker serviksnya meningkat sampai 3-8 kali lipat dibandingkan dengan yang normal," pungkas dr Akbari.



Simak juga kata dokter urologi tentang masturbasi dalam video Bincang Sehat berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia