Senin, 04 Feb 2019 13:32 WIB

Hari Kanker Sedunia

Efektifkah Pengobatan Alternatif untuk Sembuhkan Kanker?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Saat kena kanker, banyak orang lari ke pengobatan alternatif (Foto: iStock) Saat kena kanker, banyak orang lari ke pengobatan alternatif (Foto: iStock)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN), Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad berujar, pengobatan pantas dikatakan efektif jika telah melalui beberapa uji. Sebelumnya, harus ada prototype dan uji coba.

"Dalam trial clinic, ada fase 1-3 untuk melihat ada benefit atau tidak. Baru setelah itu bisa ditetapkan sebagai bagian dari evidence based," ujarnya saat dihubungi oleh detikHealth belum lama ini.

dr Tati menambahkan, kebanyakan pengobatan alternatif jika telah melewati berbagai tahapan tersebut mungkin saja bisa dikatakan mampu mengobati kanker. Namun, kebanyakan kasus yang terjadi saat ini tidka seperti itu.



"Banyak terjadi adalah tidak ada fase makanya tidak bisa dibuktikan punya manfaat. (Pengobatan alternatif-red) biasanya ditandai dengan testimoni, kalau itu mengobati sakit ringan paling-paling hanya kurang cairan tapi nggak kalau pasien kanker," tambahnya.

Pada beberapa kasus, banyak pasien kanker yang berobat setelah menjalani serangkaian pengobatan alternatif mengalami efek samping hingga akhirnya kanker yang diidapnya menjadi lebih kronis dari sebelumnya.

"Sudah banyak pasien kanker yang datang setelah berobat alternatif malah lebih parah. harusnya bisa diobati lebih dini jadinya makin sakit," pungkasnya.

(kna/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya