Senin, 04 Feb 2019 19:40 WIB

Di Pedesaan, Jentik Nyamuk DBD Banyak Ditemukan di Pagar Bambu

Firdaus Anwar - detikHealth
Ember bekas juga bisa jadi sarang favorit jentik nyamuk. (Foto ilustrasi: Firdaus Anwar/detikHealth) Ember bekas juga bisa jadi sarang favorit jentik nyamuk. (Foto ilustrasi: Firdaus Anwar/detikHealth)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
Jakarta - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan kalau saat ini jumlah kasus demam berdarah di Indonesia sudah mencapai sekitar 16 ribu kasus. Dari jumlah tersebut yang tertinggi ada di daerah Jawa Timur.

Hal yang menarik menurut Anung adalah dari hasil investigasi ternyata banyak jentik nyamuk ditemukan bersarang di batang pohon bambu. Ini khususnya berlaku di daerah pedesaan yang sering memakai bambu sebagai pagar.



"Kemarin sore dinas provinsi bersama bupati di Kediri sudah melihat situasi di lapangan. Salah satu yang menarik ditemukan jentik nyamuknya sudah ada di pagar-pagar. Kalau di desa pagar rumah itu kan pakai bambu," kata Anung saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019).

"Sehingga memang yang namanya PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk -red) Plus atau 3M (menguras, menutup, dan mengubur) Plus harus jadi perhatian semua masyarakat," lanjutnya.

Genangan air di batang pohon, daun, atau bunga yang sekilas mungkin tampak kecil memang bisa jadi tempat ideal untuk nyamuk. Menurut ahli meteorologi CNN Judson Jones, air di tutup botol saja sudah cukup jadi sarang jentik nyamuk.

Itulah kenapa kebersihan lingkungan jadi faktor penting mencegah penyebaran penyakit akibat gigitan nyamuk.

(fds/up)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD