Senin, 11 Feb 2019 14:35 WIB

Hari Gini Resep Obat Masih Pakai Tulisan Cakar Ayam? Online Bisa Lho

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Untuk memudahkan apoteker, nanti tulisan resep obat cakar ayam nggak ada lagi. (Foto: Infografis) Untuk memudahkan apoteker, nanti tulisan resep obat cakar ayam nggak ada lagi. (Foto: Infografis)
Jakarta - Adanya kemajuan teknologi informasi juga akan berdampak pada sektor kesehatan. Saat ini banyak platform yang menyediakan konsultasi yang bisa dilakukan secara online.

Beberapa klinik dan rumah sakit juga sudah tidak lagi menuliskan resep di secarik kertas dengan tulisan khas mereka yang seperti cakar ayam.

"Resep obat juga bisa secara online jadi nggak pakai kertas lagi," ujar Anis Fuad, Peneliti Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ditemui di daerah Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Resep elektronik itu harus segera dilakukan jadi obatnya jelas apa yang diresepkan. Item obat ribuan, namanya juga mirip-mirip.Hilwan Yudateruna - Wakil Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)




Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Hilwan Yudateruna mengatakan, resep online atau tidak dengan tulisan tangan juga sejatinya akan memudahkan apoteker untuk menentukan obat yang diberikan pada pasien.

"Resep elektronik itu harus segera dilakukan jadi obatnya jelas apa yang diresepkan. Item obat ribuan, namanya juga mirip-mirip," tutur Hilwan.


Hilwan berharap tulisan dokter yang 'cakar ayam' ke depannya bisa diminimalisir agar terhindar dari kemungkinan salah pemberian obat yang diresepkan oleh dokter.

"Karena berisiko, kalau salah kan fatal. Jadi nggak ada lagi tulisan begitu," harapnya.

(kna/up)