Selasa, 12 Feb 2019 16:00 WIB

Menjenguk Orang di Rumah Sakit Ternyata Berisiko Terkena Infeksi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi menjenguk orang sakit. Foto: thinkstock Ilustrasi menjenguk orang sakit. Foto: thinkstock
Jakarta - Ani Yudhoyono saat ini tengah dirawat di rumah sakit Singapura. Istri dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono sedang sakit namun belum diketahui jelas apa penyakitnya.

Beberapa petinggi sudah menjenguk Ani, sebut saja mantan panglima TNI Djoko Suyanto dan Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief.



Terlepas dari hal tersebut, ternyata menjenguk orang sakit di rumah sakit berisiko terkena infeksi nosokomial atau kini disebut healthcare associated infections, yaitu infeksi yang didapat di rumah sakit.

"Infeksi nosokomial tetap berisiko bagi semua yang ada di rumah sakit. Bagi dokternya berisiko, bagi pasiennya berisiko, bagi perawat berisiko, termasuk bagi orang-orang yang berkunjung ke rumah sakit," ujar dokter spesialis penyakit dalam dari RSPI Puri Indah, dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, FINASIM kepada detikHealth, Selasa (12/2/2019).

Menurut dr Ronald, hal ini dikarenakan intensitas kuman di rumah sakit lebih banyak daripada di rumah, dan siapa saja bisa membawa infeksi tersebut.. Infeksi tersebut bisa muncul setelah 48 jam dari waktu berkunjung.

"Misal dia berkunjung kebetulan pasiennya sakit infeksi paru-paru. Dia sendiri kemasukan, tiga hari empat hari dia sakit, nah itu juga udah termasuk infeksi yang dibawa dari rumah sakit, karena dia mendapatkan infeksi itu di rumah sakit," jelasnya.



(wdw/up)
News Feed